Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 06:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asyiknya Telusuri Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Gua di Gunungkidul
Foto: Goa Pindul di Yogyakarta (apryanto/d'Traveler)
Jakarta -

Pernah mendengar objek wisata Goa Pindul? Berlokasi di Yogyakarta, traveler yang berkunjung akan diajak menyusuri sungai di bawah tanah.

Destinasi ini tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta.

Traveler yang mau ke Goa Pindul jangan lupa bawa baju ganti, karena di sini kita akan main basah-basahan, kamu akan menyusuri sungai di dalam gua sepanjang 350 meter. Lebar gua sendiri mencapai 5 meter dengan kedalaman air 5-12 meter, tergantung pada intensitas hujan. Tapi jangan khawatir, wisatawan akan dibekali jaket pelampung hingga ban tubing.

Untuk menuju Goa Pindul traveler harus menaiki pick up, biasanya masyarakat sekitar menamai dengan Pajero dari singkatan panas jobo jero. Bukan mobil pajero yang ber AC itu ya traveler. Dalam perjalanan, traveler bisa menikmati suasana desa yang sejuk. Asyik bukan?

Sesampainya di kawasan Goa Pindul, traveler akan mengambil ban satu per satu dan berjalan kurang lebih 100 meter ke mulut gua. Saat sudah berada di mulut gua, traveler tinggal naik ke atas ban yang akan dikaitkan dengan ban lainnya agar tidak terpisah dengan rombongan.

Perjalanan pun dimulai, wisatawan akan menemui 3 zona, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Ditemani pemandu wisata yang berbekal senter, perjalanan menjelajahi goa akan memakan waktu selama 45 menit.

Di dalam Goa Pindul, wisatawan bisa menemukan sebuah stalaktit yang menyatu dengan stalakmit, sehingga terlihat seperti pilar berukuran lebar. Bahkan Goa Pindul memuliki stalakmit nomor 4 terbesar di dunia lho.

Obyek wisata susur gua di Goa Pindul, di Gunung KidulObyek wisata susur gua di Goa Pindul, di Gunung Kidul Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Untuk traveler yang suka foto-foto, jangan khawatir, di sekitar Goa banyak penjual kantong hp anti air. Tapi untuk perhiasan disarankan untuk dititipkan ke pengelola wisata.

Untuk harga tiket, wisatawan domestik hanya perlu mengeluarkan Rp 35.000 sedangkan wisatawan mancanegara dibanderol Rp 50.000. Goa Pindul memiliki area parkir yang cukup luas, bahkan dengan kapasitas 30 bus, area parkiran mobil lebih dari 50 unit hingga parkiran motor di dalam ruangan.

(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA