Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 22:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Merah Banyuwangi, Indah dan Asyik untuk Berburu Sunset

Esti Widiyana
detikTravel
Pulau Merah Banyuwangi
Sunset di Pulau Merah Banyuwangi. (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Banyuwangi -

Duduk di bibir pantai menunggu matahari terbenam menikmati sunset, langit yang berubah menjadi merah dan keindahan alam saat sore hari. Suasana yang paling pas, terlebih melepas penat aktivitas sehari di Pulau Merah, Kabupaten Banyuwangi.

Saat senja tiba, momen itulah yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Ketika langit mulai merah dan menggelap, akan terlihat kerlap-kerlip lampu di tengah laut atau kapal kapal yang bersandar membuat pemandangan semakin memukau.

Lokasi Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi menjadi tujuan pelancong yang berlibur maupun peselancar yang menantang ombak.

Pantai yang ada di desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran ini terhubung dengan Samudera Hindia. Maka tak heran jika ombak cukup tinggi tapi tidak ganas diburu peselancar.

Namun, saat pandemi COVID-19 Pulau Merah terpaksa kehilangan pengunjung selama empat bulan. Setelah Pemerintah menerapkan new normal, pantai incaran pelancong ini dibuka kembali dengan protokol kesehatan ketat. Meskipun jumlah wisatawan tidak sebanyak sebelum adanya wabah.

"Jumlah pengunjung dari satu bulan lalu, mulai long weekend ada peningkatan khususnya di Pulau Merah. Tapi bulan lalu benar-benar menurun karena adanya COVID-19 sangat mempengaruhi, baik wisata maupun yang lainnya. Jumlah kunjungan long weekend per hari 2-3 ribu pengunjung, sebum pandemi 4-5 ribu," kata Humas Pokdarwis Pulau Merah, Yogi Turnando, kepada detikcom, Minggu (15/11/2020).

Pulau Merah BanyuwangiPulau Merah Banyuwangi. Foto: Esti Widiyana/detikcom

Spot Menarik di Pulau Merah Banyuwangi

Untuk menarik kembali wisatawan, Pulau Merah memiliki berbagai spot menarik yang disuguhkan. Seperti keindahan pantai, suasana alam di sekitarnya, surfing, keliling Pulau Merah menaiki perahu dan destinasi memakai akomodasi perahu di Wisata Wedi Ireng.

Bagi anak-anak, Pulau Merah akan menyediakan spot khusus. Program ini nantinya menjadi prioritas sekaligus untik menarik wisatawan yang membawa anak-anak untuk bisa bermain.

"Ke depan kami sudah mempunyai program spot-spot yang di dalam, disini belum ada wahana anak-anak itu mungkin bagian kecil yang kita prioritaskan bersama pengelola perhutani dan Pulau Merah bersinergi membangun itu," ujarnya.

Destinasi di Kabupaten Banyuwangi yang paling diminati adalah Pulau Merah untuk tamu domestik lokal, kemudian Kawah Ijen bagi wisatawan asing. Akan tetapi, baik saat kondisi sepi atau ramai, Pulau Merah tetap nomor satu.

Selanjutnya: apa kata wisatawan tentang Pulau Merah Banyuwangi?

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA