Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 15:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Wisata di Majalengka, Mana Favoritmu?

Tim detikcom
detikTravel
Wisata Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja
Majalengka -

Majalengka, Jawa Barat punya potensi wisata yang cukup menarik, terutama wisata alam. Ada apa saja di sana dan yang mana tempat wisata favoritmu?

Akses menuju Majalengka pun mudah. Mulai dari Tol Cipali sampai bisa lewat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati.

Berikut tempat wisata di Majalengka yang menarik:

1. Lembah Panyaweuyan

Wisata Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.Wisata Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Foto: Dadan Kuswaraharja

Nomor satu mungkin tak salah kalau menyebut Lembah Panyaweuyan. Lembah hijau yang merupakan perkebunan bawang ini sangat sejuk dan asyik dilihat bentangannya.

Jalanan menuju sana memang tergolong sempit. Beberapa kali mobil yang kami gunakan harus menepi untuk memberi ruang pada kendaraan yang lewat, apalagi kiri-kanan jalan kadang ada tebing yang curam. "Kalau sudah lewat Lembah Panyaweuyan di sini, sudah lulus nyetir di Majalengka," ujar seorang warga. Beberapa kali mobil kami juga harus jalan pelan karena bertemu dengan rombongan pesepeda yang tengah menuju puncak.

Tapi segala kesulitan itu seakan terbayar lunas saat mobil berhenti di parkiran Lembah Panyaweuyan. Begitu keluar mobil, udara sejuk langsung terasa, mirip di Puncak, Bogor. Ya wajar saja, karena Lembah Panyaweuyan ini memang berada di kaki Gunung Ciremai. Ketinggian Lembah Panyaweuyan sekitar 900 meter di atas permukaan laut sedangkan Gunung Ciremai sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut.

[Gambas:Video 20detik]


2. Curug Cipeuteuy

Wisata Curug Cipeuteuy MajalengkaWisata Curug Cipeuteuy Majalengka Foto: Bima Bagaskara

Tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi lainnya adalah Curug Cipeuteuy. Destinasi ini jadi salah satu tempat wisata favorit Ridwan Kamil.

Terletak di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Curug Cipeuteuy sudah dua kali dikunjungi orang nomor satu di Jawa Barat ini. Bersama Forkompinda Jabar, Ridwan Kamil datang ke lokasi menggunakan sepeda motor kesayangannya, Royal Enfield Classic beberapa waktu lalu.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, wisata Curug Cipeuteuy sangat layak dikunjungi. Bahkan menurutnya Curug Cipeuteuy sudah berkelas internasional.

"Sudah dua kali ke sini dan sekarang tempatnya jauh berubah, ini sangat layak dikunjungi dan berkelas internasional. Kalau ke Majalengka rasanya wajib ke sini," ungkap Kang Emil.

"Kolam renangnya alami, sangat rekomended untuk dikunjungi. Yang penting datang dengan protokol kesehatan, tetap bisa dinikmati walau pandemi," lanjut Kang Emil.

Curug Cipeteuy sendiri merupakan tempat wisata alam Majalengka yang memiliki air terjun. Ada pula fasilitas kolam-kolam pemandian yang berada di tengah hutan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Selanjutnya Wisata Kreatif Marerang

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA