Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 11:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lagi Hits di Enrekang, Lampu Pengusir Hama Jadi Spot Wisata Baru

Hasrul Nawir
detikTravel
Enrekang, Sulsel
Wisata dadakan di Enrekang, Sulsel (Hasrul Nawir/detikTravel)
Enrekang -

Dalam beberapa bulan terakhir, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ramai dikunjungi wisatawan lokal dari daerah Ajatappareng dan sekitarnya. Mereka terpukau ribuan lampu indah pengusir hama.

Penampakan lampu-lampu tersebut ternyata berasal dari perkebunan bawang milik warga yang digunakan untuk mencegah kupu-kupu datang. Itu bisa merusak tanaman bawang mereka.

Inovasi itu awalnya hanya terlihat di beberapa lokasi kebun warga di daerah Anggeraja dan sekitarnya. Tapi, karena dinilai efektif dan berhasil akhirnya semua kebun bawang masyarakat, khususnya di Enrekang, menyalakan lampu itu.

Tak tanggung-tanggung, warga yang memiliki lokasi kebun bawang yang jauh dari rumahnya berani memasang meteran PLN untuk menyalakan lampu itu. Eh, lampunya malah diminati oleh wisatawan lokal.

Untuk menyaksikan panorama malam yang mempesona ini ada beberapa spot kemping di perbukitan terbuka yakni kawasan Buntu Sumbang, Bukit Cekong, puncak Batu Noni, puncak Tebing Mandu (Tontonan) dan puncak Lakawan di Kecamatan Anggeraja.

Tak perlu khawatir, traveler yang berminat kemping di salah satu spot tersebut namun tidak memiliki peralatan, seperti tenda, sudah ada penyewaan peralatan outdoor di Enrekang, lo.

Tak hanya di ketinggian saja pemandangan lampu-lampu ini bisa di saksikan. Jika traveler berkendara dari arah Makassar menuju Tana Toraja anda bisa melihat panorama lampu-lampu ini saat memasuki daerah lamba-doko sebelum memasuki pasar Cakke hingga mendekati pasar Sudu di Kecamatan Alla.

Enrekang, SulselWisata baru di Enrekang, Sulsel Foto: Hasrul Nawir/detikTravel

Keindahan kawasan perkebunan tersebut awalnya viral setelah Ohe Magenta, fotografer lokal mengabadikan suasana perkebunan dari atas ketinggian bukit. Hasil jepretannya kemudian dibagikan ke sosial media dan menjadi viral.

"Petani bawang sangat terbantu dengan inovasi ini dimana mereka tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli racun khususnya racun kupu-kupu yang menjadi musuh bebuyutan pak tani. Satu sisi kehadiran lampu-lampu ini mampu menyedot kunjungan wisatawan lokal datang ke Enrekang, menghasilkan efek domino," kata Ohe, saat dihubungi detik.com, Selasa(17/11/2020).



Simak Video "Pengawal Tahanan Kejari Parepare Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA