Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Nov 2020 05:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Pantai Teluk Ijo Banyuwangi

Deni Prastyo
detikTravel
Pantai Teluk Ijo di Banyuwangi
Wisatawan di Pantai Teluk Ijo, Banyuwangi (Deny Prastyo Utomo/detikTravel)
Banyuwangi -

Pantai Teluk Ijo atau Green Bay di Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi menjadi primadona wisatawan lokal. Pantai ini membuat traveler betah.

Pantai Teluk Ijo ini berjarak 90 kilometer dari Kota Banyuwangi atau berjarak sekitar 105 kilometer dari Jember. Pantai ini bisa ditempuh kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Ketika sampai di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pengunjung tinggal mengikuti petunjuk yang di diberikan oleh pihak pengelola.

detikcom berkesempatan mengunjungi Pantai Teluk Ijo bersama rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). rombongan menggunakan mobil jip untuk menuju Pantai Teluk Ijo.

Dari loket penjualan tiket, wisatawan lokal hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saat tengah pekan dan Rp 7 ribu saat weekend.

Saat masuk ke lokasi, pengunjung disarankan menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Selain itu, oleh petugas, pengunjung harus mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan dan dilakukan pengecekan suhu.

Untuk menuju kesana, pengunjung harus melewati jalan-jalan berkelok-kelok melewati perkebunan dan hutan. Atau sekitar 5 kilometer dari pintu masuk atau sekitar 30 menit ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Tiba di Teluk Damai, kendaraan harus berhenti dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau tracking menuju ke Pantai Teluk Ijo selama kurang lebih 30 menit.

Di sana, panduan menuju pantai juga telah tersedia, panduan protokol COVID-19 juga dipasang oleh pihak pengelola. Selain jalan setapak yang sudah disiapkan, medannya juga naik turun, nantinya pengunjung akan mendapatkan satu tanjakan cukup menguras tenaga.

Sebelum sampai lokasi ada satu gazebo untuk istirahat yakni di Pantai Batu. Di sana pengunjung bisa melepas lelah dan menikmati deburan ombak menghantam bebatuan dengan suara yang khas. Selanjutnya, pengunjung juga akan melewati dua sungai kecil sebelum mencapai Pantai Teluk Ijo nan indah.

Pantai Teluk Ijo di BanyuwangiPantai Teluk Ijo di Banyuwangi Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel

Tiba di lokasi, perjalanan akan terbayarkan dengan panorama indah Pantai Teluk Ijo yang memiliki panjang 1,5 kilometer itu.

Pasir putih yang indah dan bersih dan juga gradasi air laut hijau biru seakan membuat mata terbelalak. Tidak hanya itu, sekeliling pantai juga asri.

Di sebelah barat juga ada tebing air terjun, namun saat itu airnya tidak deras dan hanya ada tetesan air. Sementara itu, di sebelah timur ada dua tebing yang terpisah yang dilewati deburan ombak, seru membuat kita tidak ingin pulang.

Selanjutnya: Rute Menantang di Kawasan Pantai Teluk Ijo

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA