Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2020 10:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Butuh Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bandung Timur, Coba ke Sini

Siti Fatimah
detikTravel
Kedai Kodims Bandung
Kedai Kodims Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Bandung juga menjadi surga dalam wisata kuliner. Wilayah Bandung Timur punya tempat nongkrong baru yang cozy dan murah meriah.

Tepatnya di Kedai Kodims (Kopi dan Dimsum) yang berada di Jalan A.H Nasution, Gang Kujang, Kota Bandung. Suasana kedainya tak terlalu ramai dan menempati satu bangunan dengan lampu hias juga ada aksen lampion khas negeri tirai bambu.

Hiasan tersebut memberikan atmosfer yang berbeda bagi millenial yang ingin berkumpul sambil menyantap hidangan dimsum hangat lagi nikmat. Apalagi dipadukan dengan kopi memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan dimsum lainnya yang biasa disantap dengan teh.

Pemilik kedai Kodims, Rizal Sayyid (24) mengatakan, dimsum di wilayah Bandung Timur terbilang lebih sedikit daripada di daerah Kota. Itulah sebabnya, dia bersama dengan kakaknya, Ilham Multazam (29) membuka kedai dimsum agar bisa dinikmati bagi masyarakat yang tinggal atau berkunjung ke wilayah perbatasan kabupaten ini.

"Kita ingin meramaikan makanan dimsum di daerah ini. Apalagi biasanya dimsum yang jadi makanan pendamping (side dish) ini lagi tren dan jadi makanan favorit di semua kalangan," kata Rizal kepada detikTravel, Rabu (25/11/2020).

Jika berkunjung ke Kodims, enaknya saat malam hari tiba. Karena berada di pinggir kota, tempat ini tidak bising kendaraan dan udaranya cukup sejuk.

Pengunjung yang datang masih tergolong anak-anak muda yang tinggal di daerah sekitar atau mahasiswa.

Kedai Kodims BandungKedai Kodims Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Selain harganya yang murah mulai dari Rp 13 ribu berisi 4 biji dengan ukuran lebih besar dari dimsum lainnya. Cukup untuk mengganjal perut sambil berbincang dengan teman atau pasangan.

Varian rasanya juga terbilang komplit. Rizal mengatakan, menu favorit pengunjungnya yaitu siomay ayam, siomay nori, dan ekado.

Lokasinya yang dekat dengan kedai kopi juga menambah daya tarik pengunjung. Tak jarang pengunjung akan membeli dimsum dan es kopi susu atau sajian kopi lainnya.

Kedai Kodims BandungKedai Kodims Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

"Sebenernya, kalau misalkan kita ngopi kadang suka ada makananya. Kadang suka liat makanan di kedai kopi itu suka ada nasi goreng, kentang atau apa kan kita kadang bosen, kalau minuman kan jadi menu utamanya. Kita kasih opsi lagi nih kita ada dimsum juga," ujarnya.

Rizal mengatakan, kedai dimsum miliknya sengaja menggandeng kedai kopi lokal agar semakin terjalin hubungan kerjasama yang erat. Saat ini, kedai dimsum miliknya sudah tersedia di berbagai kedai kopi salah satunya di Kopi Lakleuy, Lengkong dan Kopi Lakleuy, Jalan Ambon, dan satu kedai khusus di Warung Kopi Bako daerah Manisi, Bandung.

"Memang setelah buka Kodim ini pemilik-pemilik kafe kopi di daerah kota khususnya mereka tertarik buat memasukkan Kodim. Saya juga setelah buka ini pertama langsung ada kerja sama baru sama Coffee lakley, Lengkong sama dengan Coffe lakley Jalan Ambon terus setelah buka yang ketiga ada kerja sama," ujar dia.

Jika berkunjung ke Bandung Timur tidak ada salahnya untuk mencoba dimsum buatan lokal ini. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB.



Simak Video "Martabak Manis 8 Rasa, Kuliner Bandung yang Wajib dicoba"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA