Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Nov 2020 18:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulas Garden, Wisata Tanaman Obat Kala Pandemi di Banjarnegara

Uje Hartono
detikTravel
Taman Pulas Garden, obyek wisata tanaman obat di Banjarnegara
Taman Pulas Garden, Banjarnegara (Foto: Uje Hartono)
Banjarnegara -

Melepas penat usai menjalani rutinitas, obyek wisata Pulas Garden bisa menjadi alternatif liburan saat pandemi. Selain menyuguhkan pemandangan alam dan spot swafoto, di obyek wisata ini juga bisa belajar mengenal beragam tanaman obat.

Udara segar khas daerah pegunungan langsung terasa saat pertama menginjakkan kaki di obyek wisata yang berada di Desa Sipedang Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara ini. Tidak heran, mengingat taman seluas sekitar satu hektar ini berada di tengah-tengah perbukitan di Banjarnegara.

Spot menarik di Pulas Garden

Tidak hanya hawa sejuk, pemandangan alam pun tidak kalah menarik. Seperti menara, jembatan yang membentang melintasi taman hingga beberapa spot swafoto.

"Taman Pulas Garden ini dikelilingi perbukitan di Banjarnegara. Makanya udara khas pegunungan sangat terasa. Belum lagi spot untuk foto ini dibuat khusus dengan menggunakan barang-barang bekas. Seperti bambu sampai bekas ban mobil dan motor," jelas Mahud Dwi Astoro, pengelola wisata Pulas Garden saat ditemui di lokasi wisata, Sabtu (28/11/2020).

Edukasi Tanaman Obat di Pulas Garden

Uniknya, wisata Pulas Garden ini tidak semata-mata menawarkan pemandangan. Namun juga edukasi terkait jenis-jenis tanaman obat. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemic virus Corona atau COVID-19.

"Yang berbeda dari tempat wisata lain adalah di sini juga wisata edukasi. Jadi wisatawan bisa belajar tentang tanaman apa saja yang bisa digunakan sebagai obat herbal," terangnya.

Mahud menyebut, saat ini pihaknya sudah menanam 234 tanaman obat herbal. Untuk memudahkan wisatawan, setiap tanaman obat diberi penjelasan mengenai jenis dan manfaat dari tanaman obat tersebut.

"Sekarang sudah ada 234 tanaman obat herbal ini. Jadi harapan kami selain bisa berlibur, wisatawan yang ke sini bisa belajar mengenal jenis dan manfaat tanaman herbal ini," ujarnya.

Tiket Masuk dan Protokol Kesehatan di Pulas Garden

Namun ia mengingatkan bagi wisatawan yang datang ke taman Pulas Garden tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Misalnya memakai masker dan rajin mencuci tangan.

"Pertama sebelum masuk kami cek dulu suhu tubuh. Kemudian cuci tangan. Untuk masker harus tetap dipakai. Sedangkan untuk tiket masuk Pulas Garden Rp 10 ribu per orang," jelasnya.



Simak Video "Sekuriti Toko Emas Perampas Uang Setoran Rp 425 Juta Dibekuk, Kaki Didor!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA