Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 17:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lagi Hits di Bandung, Namanya Jembatan Bucin, Membelah Sungai Citarum

Whisnu Pradana
detikTravel
Jembatan Bucin di  Bandung Barat
Jembatan bucin yang melalui waduk Saguling Foto: ( Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Kabupaten Bandung Barat (KBB) tak henti-hentinya menawarkan wisata bertema alam yang bakal memanjakan para wisatawan meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

Jembatan Cidulang atau Jembatan Bucin namanya. Jembatan yang menghubungkan dua kampung di wilayah selatan Bandung Barat, tepatnya di Kecamatan Cihampelas, KBB.

Masyarakat lebih mengenalnya dengan Jembatan Bucin atau singkatan dari dua kampung yaitu Kampung Bunder, Desa Karang Anyar, Kecamatan Cililin dengan Kampung Bunder, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Cihampelas.

Untuk menuju jembatan tersebut, pengunjung bisa mengaksesnya dari Kota Bandung menuju Cimahi, lalu mengarah ke Batujajar menuju Cihampelas. Setelah itu mengarah ke Jalan Maroko untuk terus menuju ke ujung jalan yang disambungkan oleh Jembatan Bucin.

Jembatan Bucin di  Bandung BaratJembatan Bucin di Bandung Barat Foto: ( Whisnu Pradana/detikcom)

Jembatan Bucin membelah aliran Sungai Citarum yang mengalir ke Waduk Saguling. Jembatan tersebut cocok dinikmati saat sore hari terutama ketika matahari terbenam.

Jembatan Bucin di  Bandung BaratJembatan Bucin di Bandung Barat Foto: ( Whisnu Pradana/detikcom)

Jefri (43), pengelola jembatan, mengatakan pengunjung bakal ramai datang pada akhir pekan dan saat libur panjang tiba. Dalam sehari bisa lima ratus orang datang berkunjung.

"Memang belum terlalu ramai seperti objek wisata di tempat lain, tapi belakangan cukup ramai dikunjungi. Kalau sedang ramai-ramainya bisa seribu orang dari pagi sampai sore," ungkap Jefri, Kamis (3/12/2020).

Kebanyakan pengunjung hanya berswafoto di atas jembatan. Namun kenyamanan pengunjung agak terganggu dengan banyaknya motor yang melintas mengingat jembatan tersebut merupakan akses utama penyeberangan.

"Ya sebelumnya kan ini memang jembatan penyeberangan, cuma banyak yang datang buat foto-foto juga. Akhirnya diperbaiki lagi biar lebih menarik. Ya sekarang jadi tempat wisata sekaligus akses menyeberang," katanya.

Namun tak ada salahnya mencoba sensasi melihat matahari terbenam yang cahayanya terpantul dari air Sungai Citarum dari Jembatan Bucin, Bandung Barat.

Selanjutnya: Tarif Naik Perahu di Jembatan Bucin

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA