Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Des 2020 15:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taka Makassar, Gosong nan Cantik di Labuan Bajo

Putu Intan
detikTravel
Taka Makassar
Taka Makassar. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Labuan Bajo -

Salah satu destinasi unik di Labuan Bajo adalah gosong Taka Makassar. Pasir bersih dikelilingi air laut toska menjadi pesona utamanya.

Kawasan Taman Nasional Komodo memang kaya akan wisata alam nan cantik. Selain Pulau Komodo dan Pulau Padar, ada juga gundukan pasir menyerupai pulau yang pemandangannya begitu indah. Namanya Taka Makassar.

detikTravel bersama rombongan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Garuda Indonesia berkesempatan untuk menengok langsung keindahan Taka Makassar yang kini mulai kembali dikunjungi wisatawan.

Taka Makassar disebut sebagai gosong yakni gundukan memanjang yang muncul di tengah laut yang hanya muncul ketika kondisi air laut surut.

Gosong sendiri terbentuk akibat pergerakan ombak yang menghanyutkan pasir dari bibir pantai. Pasir-pasir itu kemudian berkumpul dan tersedimentasi hingga menjadi gundukan.

Taka Makassar merupakan salah satu gosong terindah di Indonesia karena pasirnya bersih dan air laut di sekitarnya jernih. Traveler juga akan dibuat takjub ketika datang ke sana sebab warna lautnya adalah toska.

Bila dilihat dari kejauhan, traveler akan melihat gradasi warna yang indah antara biru tua, toska, dan putih dan gundukan pasir.

Taka MakassarAir laut toska di Taka Makassar. (Foto: Putu Intan/detikcom)

Ngomong-ngomong soal warna toska, hal ini mengindikasikan bahwa perairan di sekitar Taka Makassar ini tergolong dangkal sehingga traveler bisa berenang atau snorkeling di sana. Namun traveler harus tetap waspada jika arus tiba-tiba berubah kencang.

Bila traveler tak ingin bermain air, bisa kok sekadar duduk santai atau berfoto. Pemandangannya yang indah memang sayang bila tak diabadikan dalam foto atau video.

Tips mengunjungi Taka Makassar, bawalah topi sebab kondisi di sana amat terik terutama saat siang hari. Gosong ini tak memiliki pepohonan atau tempat lain untuk berteduh.

Di samping itu, bawalah perbekalan yang cukup sebab tak ada orang berjualan di sana. Tapi ingat, jangan meninggalkan sampah ya di sana.

Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, traveler juga diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak selama berwisata.



Simak Video "Main-main ke Taka Makassar, Destinasi Unik di Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA