Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 15:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan Lagi

Angga Laraspati
detikTravel
Artikel Kemenparekraf -  Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan Lagi
Foto: Salah satu pantai di Pulau Derawan (Shutterstock)
Jakarta -

Memiliki garis pantai sepanjang 95.181 km menjadikan Indonesia negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Dengan garis pantai sepanjang itu, cuma #DiIndonesiaAja kita dapat melihat berbagai pantai indah dengan panorama yang ciamik.

Sebut saja beberapa pantai indah seperti di Bali yang sudah menjadi buah bibir, tak hanya bagi pelancong lokal tetapi juga untuk para wisatawan mancanegara. Bahkan, Bali dijuluki sebagai paradise bagi wisatawan asing.

Namun tidak hanya Bali lho yang punya pantai dengan pemandangan yang mampu membuat bulu kudukmu berdiri, bukan karena takut tapi karena takjub akan keindahannya. Nah, berikut ini adalah beberapa pantai di Indonesia yang wajib dimasukkan ke rencana liburan kamu. Pantai-pantai ini pun sudah mengedepankan protokol kesehatan sehingga menjadi destinasi yang tepat untuk safe travelling.

Pantai Lagoi, Kepulauan Riau

Artikel Kemenparekraf -  Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan LagiPantai Lagoi Foto: shutterstock

Berlokasi di Pulau Bintan yang masuk ke dalam gugusan Kepulauan Riau, Pantai Lagoi bakal menyuguhkan nirwana kelas wahid dengan pantai pasir putih dan juga beberapa fasilitas andalan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, juga datang ke tempat ini untuk menghadiri kampanye Indonesia Care untuk mempromosikan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability). Jadi untuk masalah safe travel sudah tak perlu diragukan lagi, karena protokol kesehatan akan terus dijaga dengan baik.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan di sana? Well, kamu bisa memulainya dengan mengunjungi Pantai Lagoi Bay. Pantai dengan pasir putih dan hembusan angin semilirnya ini dapat membuat kamu terhipnotis. Ditambah pantai ini akan menghadirkan pemandangan romantis saat matahari mulai terbenam di ufuk barat.

Tak cuma pantai yang indah, Lagoi juga punya perkebunan dengan konsep eco friendly yang cocok sebagai tempat berfoto di spot-spot instagramable. Ada juga Safari Lagoi dan Eco Farm yang memiliki koleksi binatang seperti beruang madu, hingga komodo.

Pantai Trikora, Kepulauan Riau

Artikel Kemenparekraf -  Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan LagiKeindahan Pantai Trikora Foto: shutterstock

Masih di Pulau Bintan, pantai lainnya yang wajib masuk ke rencana liburan kamu adalah Pantai Trikora. Terletak di Desa Rapat Malang, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Pantai Trikora bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sejauh 72 km ke arah timur. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar tuntas ketika mata melihat keindahan Pantai Trikora.

Pantai yang terletak di timur Bintan ini juga sukses menjadi magnet bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia. Pantai Trikora yang masuk ke dalam gugus Kepulauan Riau ini juga mengedepankan protokol CHSE yang digagas oleh Kemenparekraf sehingga safe travel kamu akan terpenuhi.

Keindahan dari Pantai Trikora dapat dilihat dari hamparan pasir putih dan lautnya biru yang berpadu dengan begitu cantik. Tempat ini akan membuat kamu kelabakan karena bingung memilih pantai untuk menghabisi waktu di tempat indah ini. Menurut masyarakat sekitar, nama Trikora diambil berasal dari nama Three Coral yang diberikan oleh wisatawan asing ketika berkunjung ke pantai ini.

Pantai Pulau Merah, Jawa Timur

Artikel Kemenparekraf -  Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan LagiPantai Pulau Merah Foto: shutterstock

Usai menjelajahi Pulau Bintan di Kepulauan Riau, mari bergeser ke Pulau Jawa tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Terkenal dengan wisata Kawah Ijennya, Banyuwangi juga mempunyai garis pantai panjang yaitu sekitar 175,8 km. Salah satu pantai di Banyuwangi yang sedang hot diperbincangkan adalah Pantai Pulau Merah.

Disebut Pantai Pulau Merah karena hanya sekitar 100 meter ke tepi pantai tersebut terdapat pulau dengan bukit kecil yang dapat dicapai dengan berjalan kaki yang bernama Pulau Merah. Selain pasirnya yang lembut, pantai indah ini adalah spot tempat untuk berselancar.

Untuk mencapai Pantai Pulau Merah, kamu harus menempuh jarak sekitar 60 km selama kurang lebih 2 jam dari Kota Banyuwangi. Protokol kesehatan di tempat ini bukanlah menjadi masalah, mengusung safe travel tempat ini mengedepankan kenyamanan pengunjungnya. Ditambah Banyuwangi menjadi salah satu kota yang mengusung protokol CHSE gagasan Kemenparekraf.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Artikel Kemenparekraf -  Adopsi Safe Travel, 5 Pantai Ini Bikin Kangen Liburan LagiKeindahan pantai di Pulau Derawan Foto: shutterstock

Bergeser ke atas sedikit, kali ini berpindah ke salah satu pulau yang ada Kalimantan Timur yaitu Pulau Derawan. Pulau kecil yang punya pesona bawah laut indah ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merencanakan honeymoon atau berlibur bersama teman-teman dan keluarga.

Pulau yang dijuluki sebagai Pulau Spongebob Squarepants ini memiliki pesona yang tak ada duanya. Mulai dari pepohonannya yang tinggi, udaranya yang sejuk, lautnya yang biru dan pantai pasir putihnya yang tak akan terlupakan. Pulau ini pun bersih dari sampah yang berserakan dan menerapkan protokol kesehatan sehingga pas untuk dibilang sebagai destinasi safe travel.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana, mulai dari berenang di laut yang tenang hingga melakukan banana boat. Di sini pun kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai biota laut seperti ikan manta ray, penyu hijau, hingga terumbung karang yang masih asri dan bagus.

Kamu juga bisa menikmati indahnya laut khas Selat Makassar yang biru sembari ditemani deburan ombak yang menenangkan dan semilir angin yang menyejukkan. Pastinya akan menambahkan sensasi berlibur yang tak ada duanya.

Likupang, Sulawesi Utara

LikupangPantai Pulisan di Likupang Foto: shutterstock

Nirwana ini terletak di utara Kota Manado dan berjarak kurang lebih 48 km dari pusat kota. Ya, Likupang merupakan salah satu tempat yang wajib masuk ke dalam list liburan kamu. Sebab, di pantai ini hamparan pasir putih yang indah akan menyapa para traveler. Bak dihipnotis oleh hamparan pasir putih berpadu dengan laut biru yang jernih, setiap orang yang mengunjungi tempat ini seolah tak mau balik ke tempat asal.

Likupang pun telah menerapkan protokol kesehatan di destinasi pariwisata atau CHSE sehingga menjadi tempat yang cocok untuk melakukan safe travel.

Saat datang ke tempat ini, siap-siap dibuat terpesona dengan perpaduan birunya laut dan hijaunya pegunungan yang akan mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya. Suara deburan ombak tentunya makin menjadikan tempat ini pas untuk berleha-leha sambil menghirup udara segar.

Tapi ada satu yang jangan sampai kamu lewatkan yaitu menikmati keindahan bawah laut di Likupang. Kejernihan lautnya menjadi daya tarik sendiri bagi para pelancong untuk langsung ingin terjun dan menyelam menikmati keindahan laut khas Manado.

Ada beberapa spot wisata yang bisa didatangi di Likupang, di antaranya Pantai Paal dan Pantai Pulisan yang merupakan dua kawasan pesisir yang disebut menjadi pusat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

Itu dia tadi beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi atau masukkan ke dalam rencana liburan kamu nanti. Selain dekat karena hanya #DiIndonesiaAja, pantai-pantai tersebut juga menerapkan protokol kesehatan untuk menunjang safe travel. Tak hanya itu, pantai-pantai ini juga memiliki pesona dan panorama yang indah, dan cocok untuk menjadi tempat berlibur impian.

(ega/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA