Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Des 2020 12:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Cantik yang Jadi Penanda Masuknya Islam di Rupat

Destinasi wisata di Pulau Rupat.
Pulau Beting Aceh di Rupat Utara (Pradita Utama/detiktravel)
Bengkalis -

Dihuni oleh suku melayu, pulau terluar Rupat di Provinsi Riau punya satu pulau indah yang begitu populer. Konon jadi tempat masuknya agama Islam ke Rupat.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel berkesempatan datang ke Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis. Menjadi salah satu pulau terluar di sisi Barat, Pulau Rupat juga diberkahi oleh pantai indah.

Salah satu yang begitu populer di kalangan masyarakat lokal mau pun wisatawan domestik adalah Pulau Beting Aceh di Kecamatan Rupat Utara. Keindahannya juga dituturkan oleh Sekretaris Camat Rupat Utara, Ahmad Tarmizi pada detikTravel di kantornya.

"Di sini juga ada pantai yang merupakan Beting Aceh, ini paparan pasir pantainya cukup luar biasa halus dan putih. Sangat sesuai dan pas sekali kalau pemerintah pusat memasukkan pantai di Rupat Utara ini sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional)" ujar Ahmad.

Sebagai salah satu pulau terluar Indonesia, bank yang berada di Pulau Rupat masih minim. Hanya ada beberapa di sana, salah satunya adalah Bank BRI.Sebagai salah satu pulau terluar Indonesia, bank yang berada di Pulau Rupat masih minim. Hanya ada beberapa di sana, salah satunya adalah Bank BRI (Pradita Utama/detikTravel)

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala UPT Pengelolaan Pariwisata dan Olahraga Kecamatan Rupat Utara, Hazri. Pada detikTravel, ia berujar kalau itu destinasi yang paling populer di Rupat Utara.

"Sudah banyak diketahui orang, sudah tak asing lagi kalau Pulau Rupat jadi tujuan pariwisata saat ini. Salah satu yang paling menonjol wisata pantai. Destinasi di Pulau Rupat ini yang paling banyak dikunjungi di Pulau Beting Aceh, Desa Sukadamai," ujarnya.

Untuk mencapainya, traveler harus terlebih dulu singgah ke dermaga speedboat di Tanjung Medang, Rupat Utara. Dari situ, traveler bisa menggunakan jasa kapal sewaan untuk menjangkaunya.

Saat tim detikTravel mengunjunginya, dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit perjalanan dengan speedboat. Setibanya di lokasi, tidak ada wisatawan lain yang berkunjung selain kami.

Seperti yang diceritakan, Pulau Beting Aceh memang memiliki pantai pasir putih yang cantik. Pesonanya juga disebut lebih tampak ketika air surut. Sayang, kami datang di momen ketika air pasang.

Selanjutnya: masih ditemui sampah dan kisah di balik Beting Aceh

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA