Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Des 2020 10:47 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Ini Cara Berkunjung ke Pulau Rupat

Kapal Roro menuju Rupat.
Kapal roro menuju Rupat (Randy/detikTravel)
Bengkalis -

Semanjak diresmikannya Tol Pekanbaru - Dumai atau disingkat Tol Permai, tak sedikit wisatawan yang mulai melirik Pulau Rupat yang bertetangga dekat dengan Kota Dumai.

Berlokasi menghadap Selat Malaka di sisi utara, Pulau Rupat berbatasan dengan perairan Dumai di sisi Barat. Namun, secara otonomi Pulau Rupat berada di bawah Kabupaten Bengkalis.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel berkesempatan berkunjung ke pulau terluar yang sarat dengan nuansa Melayu ini. Perjalanannya menggunakan akses jalan darat hingga laut.

Setibanya di ibu kota provinsi Pekanbaru, traveler perlu lebih dulu menuju Kota Dumai. Perjalanan dengan tol hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja.

Kapal Roro menuju Rupat.Harga tiketnya cukup Rp 10 ribu per orang (Randy/detikTravel)

Di Dumai, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sri Tanjung. Dari situ, ada kapal Roro menuju Pulau Rupat dengan jadwal tetap setiap hari. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, yakni Rp 10 ribu per orang.

Naik ke atas Roro, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit ke Pulau Rupat saat air tenang. Kemudian, kapal pun merapat ke Pelabuhan Tanjung Batu di Kecamatan Rupat.

Hanya jika ingin lebih cepat, ada juga opsi berupa kapal speedboat dari Dumai menuju Tanjung Batu atau Tanjung Medang di Rupat Utara. Biayanya adalah sekitar Rp 105 ribu per orang.

Bagi traveler yang ingin berwisata pantai, umumnya berangkat langsung ke Tanjung Medang di Rupat Utara dengan speedboat. Selain lebih cepat, pilihan ini juga menghemat waktu perjalanan darat dari Kecamatan Rupat ke Rupat Utara.

---

Program Tapal Batas mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Rugikan Rp 129 M, KPK Tetapkan 3 Tersangka Kasus Proyek Bengkalis"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA