Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 22:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta Rupat, Pulau Terluar di Provinsi Riau

Sejumlah warga beraktivitas di kawasan Dermaga Batu Panjang, Rupat Selatan, Bengkalis, Riau, Rabu (18/11). Menurut keterangan warga, dermaga tersebut telah rusak sejak beberapa tahun terakhir karena kurangnya perawatan dan ketidakpedulian pemkab dan warga sekitar.
Pulau Rupat (Pradita Utama/detikTravel)
Bengkalis -

Di kalangan traveler Pekanbaru, nama Pulau Rupat kian populer sebagai destinasi wisata. Berikut 7 fakta tentangnya.

Beberapa waktu lalu, detikTravel sempat berkunjung dan menjelajahi Pulau Rupat dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI. Bertetangga dengan Kota Dumai, Pulau Rupat memang kian populer di kalangan pelancong domestik.

Bagi kamu yang belum tahu, terdapat sejumlah fakta menarik soal pulau tersebut. Dihimpun detikTravel, berikut 7 fakta uniknya.

1. Salah satu pulau terluar

Pulau Rupat merupakan pulau terluar yang berada di provinsi Riau. Lokasinya sendiri berada di antara Perairan Dumai dan Selat Malaka.

Dari Kecamatan Rupat Utara, traveler bahkan bisa melihat langsung Port Dickson di Negeri Sembilan, Malaysia, kala cuaca cerah. Secara jarak, Port Dickson hanya berjarak sekitar 38 Km dari Rupat Utara.

2. Malaysianya Riau

Akibat jarak yang dekat, budaya dan identitas Malaysia cukup bercampur di Pulau Rupat. Saking lekatnya, Pulau Rupat juga dijuluki Malaysia dari Riau.

"Sejarahnya sudah 500 tahun lebih mengikuti sejarah Kerajaan Melayu Tua, mengikuti sejarahnya meliputi Pulau Sumatera dan Malaysia yang ada di seberang kita. Bagaimana di sana (Rupat-red) ada tradisi yang khas, notabene juga ada di Malaysia sana karena budayanya sama," Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi.

Sejumlah anak mengikuti belajar tatap muka di kawasan  SDN 03 Rupat Utara, Bengkalis, Riau, Kamis (19/11/2020).Sejumlah anak mengikuti belajar tatap muka di kawasan SDN 03 Rupat Utara, Bengkalis, Riau, Kamis (19/11/2020) (Pradita Utama/detikTravel)

Merujuk pada sejarah, Pulau Rupat merupakan bagian dari Kerajaan Melayu Tua yang dahulu daerahnya meliputi Malaysia. Tak sedikit juga warga Pulau Rupat yang berbicara dalam bahasa Melayu.

3. Pantai pasir putih

Sebagai pulau terluar, Pulau Rupat diberkahi dengan pantai pasir putih. Itulah alasan mengapa tak sedikit warga Pekanbaru mulai melirik pulau yang satu ini.

Salah satu yang cukup populer adalah Pantai Lapin di Kecamatan Rupat Utara. Selain punya pasir pantai putih, pantai ini juga memanjang hingga 17 Km.

Sejumlah wisatawan menikmati Pantai Lapin di kawasan Rupat Utara, Bengkalis, Riau, Sabtu (21/11). Pantai Lapin, Ikon Rupat memanjang hingga 17 Km.Sejumlah wisatawan menikmati Pantai Lapin di kawasan Rupat Utara, Bengkalis, Riau, Sabtu (21/11). Pantai Lapin, Ikon Rupat memanjang hingga 17 Km (Pradita Utama/detikTravel)

Kemudian, juga ada Pulau Beting Aceh yang punya pasir timbul kala air surut. Dpat dijangkau dengan kapal dari Dermaga Tanjung Medang, pulau ini konon juga jadi penanda masuknya agama Islam ke Pulau Rupat.

4. Punya suku asli

Banyak ditemui di Kecamatan Rupat Utara, Suku Akit menjadi salah satu kearifan lokal yang mendiami bagian Utara Pulau Rupat. Konon, mereka adalah suku pertama yang ada di Pulau Rupat.

Orang akit atau orang akik merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan Rupat, Riau. Seperti apa kehidupan mereka di salah satu pulau terluar RI itu?Orang akit atau orang akik merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan Rupat, Riau. Seperti apa kehidupan mereka di salah satu pulau terluar RI itu? (Pradita Utama/detikTravel)

Diketahui, Suku Akit pertama kali berasal dari Kesultanan Siak Indrapura di Riau. Lewat titah Sultan Siak kala itu, para Suku Akit menempuh perjalanan lewat sungai dan laut hingga akhirnya tiba di Pulau Rupat.

Keberadaan Suku Akit ini sendiri menyebar di sejumlah tempat di Rupat Utara. Adapun paling banyak dapat dijumpai di Desa Titi Akar.

Selanjutnya: kebudayaan dan event wisata di Pulau Rupat

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA