Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Des 2020 10:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Tempat Wisata Bandung yang Tenang nan Sejuk

Caroline Pan
detikTravel
Kampung Cai Ranca Upas, Wisata Ramah Anak di Ciwidey
Bermain-main dengan rusa di Kampung Cai Ranca Upas, Bandung. (Jetrani Reza Dias/d'travelers)
Bandung -

Menjelang libur akhir tahun, Bandung menjadi salah salah satu incaran wisatawan. Berikut empat tempat wisata Bandung yang tenang dan sejuk.

Bandung memiliki cukup banyak pilihan berwisata. Dari kuliner, wisata alam, belanja, bahkan hingga sejarah.

Di antara genre wisata itu, wisata alam di Bandung cukup menjanjikan. Apa saja pilihannya?

Berikut 4 tempat wisata Bandung yang menawarkan ketenangan dan kesejukan:

1. Kampung Cai Ranca Upas

Menyuguhkan wisata dengan bercengkerama bersama hewan dan alam menjadi ciri khas Kampung Cai Ranca Upas. Berbeda dengan kebun binatang, Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata yang dikenal dengan interaksi pengunjung dengan rusa dan lahan berumput besar untuk kegiatan camping.

Ranca UpasRanca Upas Foto: Shutterstock

Traveler bisa lebih dekat dengan rusa cuma dengan bermodal wortel yang dijual oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas. Tidak hanya itu, sebelum memasuki area tempat rusa-rusa Ranca Upas dilindungi, pengunjung akan melewati kolam yang berisi banyak ikan.

Kemudian, Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan pemandian air panas, kolam renang, outbond, dan cafe bagi para pengunjung.

Untuk memasuki KampungCai Ranca Upas yang ada di Jl. RayaCiwidey -Patengan No.KM. 11,Patengan,Kec.Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 itu, traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 40 ribu (wisatawan lokal), sedangkan turis asing wajib mmebayar tiket masuk Rp 70 ribu.

Bagi traveler yang ingin kemping, ada biaya tambahan, yakni senilai Rp 50 ribu (wisatawan lokal) dan Rp 70 ribu untuk wisatawan asing.

2. Orchid Forest Cikole

Jika menyebut daya tarik wisata di Bandung, Orchid Forest Cikole tidak akan terlewatkan. Hutan yang dikelola pemerintah itu menyediakan pemandangan bunga anggrek dan pohon pinus dilengkapi dengan angin sejuk Bandung.

Kastil di Orchid Forest Cikole BandungKastil di Orchid Forest Cikole Bandung Foto: (Fadhil Nugroho/d'Traveler)

Kawasan di dalam Orchid Forest Cikole pun dirias menjadi instagramable untuk para pengunjungnya mengambil foto.

Terdapat juga area memberi makan kelinci dan jembatan setinggi 23 meter untuk melewati bagian hutan yang satu dan lainnya, dimana ketika sudah sampai ke ujung jembatan, pengunjung akan menemukan area bermain flying fox.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung harus merogoh kocek Rp 40 ribu.

3. Caringin Tilu

Caringin Tilu atau Tiga Beringin merupakan lokasi yang berada di dataran tinggi Bandung. So, di kawasan ini dijamin berhawa sejuk.

Wisata Kuliner Caringin Tilu BandungWisata Kuliner Caringin Tilu Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Di malam hari, Caringin Tilu mampu memperlihatkan suasana malam Bandung dengan kerlap-kerlip lampu perumahan di dataran rendah.

Pada lokasi ini juga terdapat Dapur Caringin Tilu, tempat makan dan bersantai sejenak menikmati pemandangan Bandung Kota.

Untuk berwisata di sini, traveler tidak dikenakan tiket masuk. Barulah andai pengunjung ingin makan atau minum, bisa singgah di kafe yang menawarkan dengan harga yang tidak berat di kantong.

4. Tebing Keraton

Berada di daerah Bandung Utara, Tebing Keraton menawarkan pemandangan sunrise dan sunsetnya. Suasana bakal makin dramatis saat kabut turun.

Tebing Keraton di BandungTebing Keraton di Bandung Foto: (Gandung Adi Wibowo/d'Traveler)

Berada 1,200 mdpl di atas permukaan laut, Tebing Keraton menjadi tempat yang pas untuk melihat pohon-pohon yang rindang dari atas.

Perjalanan menuju lokasi ini tentunya sangat pas untuk kamu yang ingin olahraga bersepeda maupun trekking. Namun, bagi kamu yang ingin mencapai ke atas dengan cepat untuk langsung menikmati pemandangan, tersedia juga jasa naik kendaraan bermotor oleh masyarakat sekitar.

Biaya tiket masuk Tebing Keraton sebesar Rp 11 ribu untuk wisatawan lokal, sedangkan turis asing Rp 76 ribu.



Simak Video "Peraturan PPKM di Sektor Pariwisata dan Perayaan Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA