Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Des 2020 11:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ahhh.. Segar Sekali Berenang di Wisata Alam Cipaniis Kuningan

Bima Bagaskara
detikTravel
Wisata alam Cipaniis
Wisata alam Cipaniis, Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Ingin liburan bersama keluarga ke tempat wisata yang murah dan tentunya menyenangkan di Kuningan, pergilah ke wisata alam Cipaniis. Lokasinya ada di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Di sini Desa Cipaniis terdapat tempat wisata keluarga yang sangat terkenal bahkan sejak belasan tahun lalu. Wisata alam Cipaniis namanya.

Di tempat wisata ini terdapat sungai dengan air yang sangat jernih. Air yang berasal dari Gunung Ciremai ini mengalir jernih menembus bebatuan yang ada di Sungai Cipaniis. Saking jernihnya dasar sungai tersebut bisa dengan jelas terlihat.

Wisata alam Cipaniis ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur keluarga. Para orang tua bisa mengajak anaknya berenang di aliran sungai yang tidak terlalu dalam. Selain itu suasana di sekitar wisata alam Cipaniis yang masih asri serta rimbunnya pepohonan membuat sejuk udara di sana.

Untuk bisa sampai di wisata alam Cipaniis, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat melintasi jalan pedesaan. Dari pusat Kota Kuningan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi.

Sementara dari Cirebon Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai di wisata alam Cipaniis. Tempat wisata ini memang lebih dekat dengan Cirebon karena letaknya yang berada di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan.

"Di sini objek wisata alam yang diunggulkan itu mata air dan pemandian di aliran mata air itu," kata Nana Nurana kordinator wisata alam Cipaniis saat ditemui detikTravel Sabtu (26/12/2020).

Wisata alam CipaniisWisata alam Cipaniis Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Selain airnya yang jernih, banyak pengunjung yang percaya bahwa air di wisata alam Cipaniis ini berkhasiat. Bagi yang percaya bisa membuat siapapun yang mandi atau berenang di sana menjadi awet muda bahkan bisa mendapat jodoh.

"Diyakini pengunjung itu air Cipaniis sangat berkhasiat dan katanya bikin awet muda serta bagi yang belum punya pasangan bisa cepat dapet jodoh," ungkap Nana menceritakan.

Di musim hujan ini kata Nana, pengunjung tidak perlu cemas akan terjadinya banjir di aliran Sungai Cipaniis. Itu karena jika terjadi banjir air akan otomatis dialihkan menuju aliran sungai lainnya sehingga tidak membahayakan wisatawan yang sedang berenang.

Wisata alam CipaniisWisata alam Cipaniis Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

"Arus sungai sudah ada pemisahnya jadi kalau banjir besar tidak ngaruh ke wisata Cipaniis ini, jadi aman untuk wisatawan. Tapi tentunya kalau hujannya memang besar kami dari pengelola bersiaga dan mengimbau pengunjung untuk hati-hati," lanjutnya.

Di wisata alam Cipaniis ini juga terdapat kios-kios yang menjual berbagai makanan dan minuman. Namun bagi Anda yang datang berlibur ke Wisata Alam Cipaniis ini tidak lengkap jika tidak menikmati jagung bakar yang dijual oleh pedagang asli warga setempat.

Harga tiket masuk wisata alam Cipaniis, setiap pengunjung dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu per orang. Sementara untuk anak-anaknya, harga tiket Rp 15 ribu tersebut berlaku untuk dua orang.



Simak Video "Sungai Surakatiga, Pemandian Kuda Keramat di Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA