Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Des 2020 16:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tanah Lot, Pura Sakral di Tengah Laut

Bonauli
detikTravel
pura
Pura Tanah Lot Foto: (Alit Binawan/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Road Trip Jakarta-Bali
Tabanan -

Pura Tanah lot sudah begitu identik sebagai salah satu ikon Bali. Kalau traveler lagi liburan ke Bali tentu saja harus main ke sini.

detikcom melakukan Road Trip Jakarta Bali dengan menggunakan mobil hybrid Toyota Corolla Cross. Perjalanan ini dilakukan untuk melihat kondisi tempat wisata kala pandemi COVID-19. Pura Tanah Lot pun masuk dalam daftar kunjungan wajib kalau traveler lagi ada di Bali.

Kenapa wajib? Mari kita ulas satu per satu. Pura Tanah Lot berada di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Berbeda dengan pura-pura lainnya Pura Tanah Lot terpisah dari daratan dan berada di tengah lautan. Bukan berarti tak bisa dilihat dari dekat, Pura Tanah Lot dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Tanah Lot BaliTanah Lot Bali Foto: Melissa Bonauli Panjaitan/detikcom

Saat laut pasang, pura akan terlihat dikelilingi air. Namun saat surut, karang-karang di dasar laut akan terlihat dan bisa menjadi pijakan wisatawan.

Pura Tanah Lot dikenal suci karena cerita asal mulanya. Pada abad ke-15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan perjalanan dari pulau Jawa ke pulau Bali dengan misi menyebarkan agama Hindu.

Singkat cerita ia meditasi tempat ini. Sehingga tempat ini terkenal suci dan membawa banyak mitos. Salah satunya adalah air suci yang akan mendatangkan rezeki jika diminum.

Sebelum pandemi, Pura Tanah Lot Ramai oleh wisatawan. Angka kunjungannya 3-4 ribu sehari. Kalau sedang musim liburan bisa mencapai 8 ribu wisatawan.

Selanjutnya: Pura Tanah Lot yang Sepi Turis

Selanjutnya
Halaman
1 2

FOKUS BERITA

Road Trip Jakarta-Bali
BERITA TERKAIT
BACA JUGA