Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Jan 2021 14:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pecinta Downhill, Ada Trek Baru Nih di Gunung Ciremai

Bima Bagaskara
detikTravel
trek downhill Palutungan di Taman Nasional Gunung Ciremai
Trek downhill baru di TNGC (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Para pecinta olahraga sepeda gunung alias downhill, wajib menjajal trek baru ini. Tepatnya di Palutungan, Kuningan.

Trek yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer itu diperuntukan bagi salah satu cabang olahraga sepeda gunung yakni downhill. Di desain bagi para pemula, downhill trek di Palutungan, di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki jalur yang menantang.

Turunan curam serta tikungan yang terjal bakal memacu adrenalin pecinta downhill yang menjajal trek baru tersebut.

Kepala Balai TNGC Kuswandono mengatakan downhill trek tersebut merupakan pengembangan dari Palutungan bike park yang sempat di ujicoba beberapa bulan lalu.

"Sebelumnya Palutungan bike park pernah di ujicoba, setelah melalui tahapan percobaan dan evaluasi jalur, downhill trek ini alhamdulillah bisa diresmikan meski masih banyak yang masih harus dibenahi," ucap Kuswandono kepada detikcom Minggu (3/1/2021).

trek downhill Palutungan di Taman Nasional Gunung Ciremaitrek downhill Palutungan di Taman Nasional Gunung Ciremai Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Yang menarik kata Kuswandono, pecinta downhill selain mendapat kepuasan menjajal trek baru itu juga akan mendapat edukasi untuk menanam pohon.

Pasalnya titik start downhill trek itu berada di sebuah pondok restorasi bernama Lempong Balong yang merupakan zona rehabilitasi pemulihan ekosistem.

"Poin utama ketika melalui jalur ini ada edukasi untuk menanam karena start di Lempong Balong, ada pondok restorasi, ada tempat belajar menanam pohon jadi sebelum start bisa belajar menanam pohon dulu," ungkapnya.

Meski sudah dibuka, menurutnya masih banyak yang harus dibenahi dari downhill trek tersebut. Selain akan menambah panjang treknya, pihaknya juga akan segera membangun pusat edukasi mengenai downhill serta sarana prasarana lainnya.

"Panjang trek potensinya bisa 2,4 tapi sekarang 2 kilometer kurang. Nanti akan kita benahi lagi jalurnya. Sambil dibenahi nanti ada pusat edukasi juga soal downhill dan tempat cuci sepeda," ujar Kuswandono.

trek downhill Palutungan di Taman Nasional Gunung Ciremaitrek downhill Palutungan di Taman Nasional Gunung Ciremai Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Sementara itu Muhammad Hasbi salah seorang atlet downhill asal Kabupaten Kuningan mengungkapkan dengan kehadiran trek tersebut diharapkan mampu mencetak bibit baru atlet downhill di Kuningan.

"Ini trek resmi pertama di kawasan TNGC dan semoga dengan adanya trek ini bisa mencetak bibit atlet downhill di Kuningan," singkat Hasbi yang pernah menjadi runner-up pada kejuaraan nasional downhill.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA