Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Jan 2021 12:20 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Kolam Penampungan Air Hujan Jadi Tempat Wisata di Bandung

Wisma Putra
detikTravel
Kolam retensi Gedebage
(Wisma Putra/detikcom )Kolam retensi Gedebage
Jakarta -

Belum lama ini Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan kolam retensi Gedebage yang berada di kawasan Pasar Gedebage, Kota Bandung.

Selain berfungsi sebagai penampung air hujan dan meminimalisir banjir yang kerap terjadi di kawasan tersebut, nantinya kolam retensi ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata alternatif yang menyuguhkan wahana air sebagai andalan utamanya.

Di kolam retensi tersebut, warga juga dapat menaiki perahu yang ada di kolam retensi ini. Tak hanya itu, kawasan kol retensi ini dapat dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) yang dapat digunakan masyarakat untuk nongkrong atau hanya mengajak anaknya bermain.

Meski belum rimbun dengan pepohonan, Dinas Pembangunan Umum (DPU) Kota Bandung sudah menanam lebih dari 100 pohon di kawasan tersebut. Selain nantinya kawasan tersebut jadi teduh, kehadiran banyak pohon itu juga dapat memperbanyak resapan air.

Kolam retensi GedebageKolam retensi Gedebage Foto: (Wisma Putra/detikcom)

"Kolam retensi ini fungsinya banyak, satu konservasi air, dua jadi lahan terbuka," kata Oded kepada detikTravel, Minggu (3/1/2021).

Oded menyebut, tak hanya di Kolam Retensi Gedebage, hal serupa sudah dilakukan di Kolam Retensi Citepus yang dimana kawasan kolam retensi itu dapat digunakan untuk aktivitas masyarakat.

"Seperti di Citepus, fungsi ketika kemarau kan kering, itu dipakai berolahraga voli hingga futsal, ketika hujan dipakai untuk air," ujarnya.

Menurutnya, karena Kolam Retensi Gedebage lebih luas, ketika di musim hujan airnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk wahana air.

"Ketika ada air, bisa digunakan wisata. Perahu-perahuan," pungkasnya.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA