Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jan 2021 19:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ciamis Punya Tempat Petik-Cicip Buah Naga Sebelum Beli, Cidolog Namanya

Agrowisata buah naga Cidolog Ciamis
Agrowisata buah naga Cidolog Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Ada lagi yang baru di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang menarik untuk tujuan jalan-jalan, yakni agrowisata petik buah naga di Kawasan Cawene, Cidolog. Di sini pengunjung bisa mencicip buah naga sebelum memetik dan membelinya.

Kebun buah naga ini berada di Cawene Koneng, Desa Nanggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis. Lokasinya sekitar satu jam perjalanan dari pusat perkotaan Ciamis bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Tempat wisata petik buah naga baru dirintis pertama kali di awal tahun 2021 ini. Tempatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Kebun buah naga dikelilingi oleh perbukitan dan area persawahan, jadi sangat pas untuk tempat refreshing.

Di tempat ini ada ratusan tanaman buah naga yang terus berbuah sepanjang tahun. Tanaman naga milik Suparman ini cukup istimewa karena terus berproduksi tak pernah henti.

Buah naga khas Cidolog ini berbeda dari yang lainnya, memiliki warna ungu dengan rasa yang legit dan sangat manis dibanding buah naga yang ada di pasar. Sensasinya pun berbeda, karena buah naga ini masih fresh langsung dari pohonnya.

"Alhamdulillah ada 300 lebih tanaman yang semuanya terus berbuah tidak pernah berhenti. Jadi sekarang sudah bisa dikunjungi melalui wisata petik buah naga Cawene Koneng Cisaga. Bisa Nyicip, metik sendiri lalu dikilo," ujar Suparman pemilik kebun buah naga, Selasa (5/1/2021).

Agrowisata buah naga Cidolog CiamisAgrowisata buah naga Cidolog Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Harga buah naga di destinasi petik buah ini cukup murah, sekilo gram hanya Rp 13 ribu saja. Tapi ada kalanya di musim kemarau harganya akan sedikit lebih mahal karena perlu perawatan ekstra dengan melakukan penyiraman secara rutin dari biasanya.

"Meskipun baru rintisan pertama sebagai destinasi wisata petik buah, Alhamdulillah pengunjung sudah mulai berdatangan," ungkapnya.

Suparman mengatakan tanaman asal dari negara Meksiko ini sudah ditanam sejak 4 tahun lalu. Namun saat itu buah hasil panennya hanya digunakan untuk keperluan pembuatan jus saja, tidak sampai dipasarkan.

"Ini juga berkat petunjuk dan arahan dari Camat Cidolog, Bapak Otong Bustomi yang memberikan ilmu tentang cara pemupukan dan pengolahan tanaman agar bisa berproduksi lebih," katanya.

Ke depan Suparman pun akan terus menambah jumlah tanaman buah naga ini. Sehingga, agrowisata buah naga ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata petik buah unggulan yang ada di Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Agrowisata buah naga Cidolog CiamisPemandangan di agrowisata buah naga Cidolog Ciamis Foto: Dadang Hermansyah/detikcom

Sementara itu, Camat Cidolog Otong Bustomi mengatakan tanaman buah naga ini sangat cocok ditanam di wilayah Cidolog. Bahkan warga di beberapa desa sengaja menanam buah naga untuk konsumsi. Tentunya hal ini berpotensi untuk membantu perekonomian desa.

"Di kebun ini kenapa jadi destinasi petik buah, tujuannya untuk menjaga stabilitas harga buah naga di tingkat petani. Karena bila dijual ke pengepul atau bandar harganya biasanya lebih rendah. Terlebih buah naga Cawene ini banyak diburu karena rasanya yang sangat manis dan legit," tegasnya.

Guna mendukung destinasi ini, Pemerintah Kecamatan Cidolog pun akan mengajukan ke Pemkab Ciamis untuk melakukan penataan infrastruktur jalan dan jembatan. Juga memberikan sentuhan teknologi untuk penanaman buah naga, agar produksinya meningkat.

"Harapan kami ke depan agrowisata buah naga ini akan menjadi sebuah destinasi unggulan. Kami akan melakukan penataan, yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.



Simak Video "Penanaman Pohon Buah Naga, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA