Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jan 2021 10:54 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Tanjung Unta in Lake Toba with Samosir Island on the background
Danau Toba. (Foto: Getty Images/iStockphoto/togarsitanggang)
Medan -

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Jika Anda berencana mengisi liburan dengan berwisata di Danau Toba, aktivitas ini bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Usai berwisata, Anda bisa menikmati aneka kuliner khas Medan sebelum kembali ke rumah.

1. Mengunjungi air terjun Sipiso-piso

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata di Danau Toba yang paling terkenal selain danaunya. Berada di Desa Tongging, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter dan berada tepat di tepi danau. Selain menikmati keindahannya dari atas, Anda pun bisa trekking ke dasar air terjun dengan menuruni anak tangga yang tersedia.

2. Berlayar di Danau Toba

Cara lain untuk berwisata di Danau Toba adalah dengan menikmati pemandangan dari perairannya. Dinas Pariwisata Samosir memiliki kapal wisata yang bisa kamu naiki. Uniknya, kapal wisata ini berbentuk rumah adat Batak, lengkap dengan patung Sigale-gale besar di anjungannya.

Perjalanan menuju Parapat via kapal motorPerjalanan menuju Parapat via kapal motor Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

3. Berkunjung ke desa adat Batak

Usai bermain air dan berlayar, Anda bisa beristirahat sejenak di daratan, tepatnya di Pulau Samosir. Di pulau ini terdapat Desa Wisata Tomok dimana Anda bisa melihat rumah tradisional Batak dan patung Sigale-gale yang magis. Anda pun bisa menyewa baju adat tradisional Batak untuk pengalaman liburan yang lebih menyeluruh.

4. Mendaki Pusuk Buhit

Jangan kaget jika Anda pun bisa mendapatkan pemandangan ala Selandia Baaru ketika sedang berwisata di Danau Toba, tepatnya di Pusuk Buhit.

Inilah salah satu dataran tertinggi di kawasan Danau Toba. Untuk mencapainya, Anda bisa mengambil jalur Desa Huta Ginjang atau Desa Aek Rangat. Sepanjang jalan, Anda bisa mampir ke beberapa tempat wisata lokal seperti situs Batu Hobon dan pemandian Aek Sipitu Dai.

5. Berkemah di tepi Danau Toba

Wisata di Danau Toba juga bisa dilakukan dengan bermalam di tengah alamnya. Salah satu tempat berkemah favorit di sini adalah di Paropo. Pemandangan bukit dan danau di sini tidak kalah cantik dengan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan berkemah dan siapkan fisik untuk perjalanan.



Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA