Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 12:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Ikan Hiu Hidup di Danau Sentani, tapi Sayang Sudah Punah

Hari Suroto
detikTravel
Illustration of a largetooth sawfish (Pristis microdon) and blue shark (Prionace glauca)
Foto: Ilustrasi Hiu Gergaji (Getty Images/Nastasic)
Jayapura -

Spesies ikan hiu biasa hidup di lautan yang berair asin, namun ada hiu yang hidup di Danau Sentani berair tawar, yaitu hiu gergaji. Sayang dia sudah punah.

Hiu gergaji (Pristis microdon) merupakan ikan air laut yang beradaptasi dengan perairan air tawar. Ikan ini lebih populer dikenal sebagai hiu gergaji Sentani, karena merupakan ikan endemik Danau Sentani, Papua dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Ciri khas ikan ini adalah moncong panjang seperti pedang, dengan deretan gergaji kecil yang menyamping. Ikan hiu gergaji memakan udang kecil dan ikan-ikan kecil.

Tapi sayang, sekarang spesies ikan hiu gergaji Sentani telah punah. Pada masa lalu, Danau Sentani merupakan bagian dari laut yang jauh menjorok ke darat.

Kemudian, terjadilah pergerakan lapisan bumi, sehingga Danau Sentani terpisah dari lautan. Lama kelamaan Danau Sentani berubah dari berair asin menjadi berair tawar.

Hiu gergaji yang hidup di Danau Sentani, kemudian turut beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya, yaitu air Danau Sentani yang berubah menjadi tawar.

Ikan ini terakhir ditangkap nelayan Sentani pada tahun 1974 dan setelah itu tidak pernah ditemukan lagi. Punahnya ikan hiu ini disebabkan oleh eksploitasi berlebihan, pencemaran air danau oleh limbah rumah tangga, dan penggunaan jaring insang (gill net).

Ikan hiu gergaji sejak masa prasejarah hingga kini, sudah menjadi bagian dari budaya suku Sentani. Motif ikan hiu gergaji tergambar pada batu-batu Situs Megalitik Tutari.

Selain itu, suku Sentani yang bermukim di Pulau Asei menjadikan hiu gergaji sebagai obyek lukisan kulit kayu mereka.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Mau Nonton Langsung PON XX Papua? Simak Syaratnya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA