Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Jan 2021 16:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tahan Gempa dan Berarsitektur Khas Minang, Ini Masjid Raya Sumatera Barat

masjid
Foto: Masjid Raya Sumatera Barat (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Padang -

Tak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah, Masjid Raya Sumatera Barat memiliki desain khas Rumah Minang.

Dikenal juga sebagai Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Keunikannya dapat terlihat dari bagian atas masjid yang menyerupai Rumah Adat Minang dengan ciri bangunan berbentuk gonjong. Ada pula penggunaan ukiran hingga kaligrafi pada dinding bagian luar. Desain masjid juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad yang menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di kota Makkah.

Masjid Raya Sumatera BaratMasjid Raya Sumatera Barat Foto: (Getty Images/Ali Trisno Pranoto)

Masyarakat Sumatera Barat terkenal dengan pepatah 'adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah' atau yang artinya adat bersendikan kepada agama dan agama bersendikan kepada kitabullah yaitu Al Qur'an.

Menjadi masjid terbesar di Sumatera Barat, Masjid Raya Sumatera Barat dibangun di lahan seluas 40.000 meter persegi. Luas bangunan utama kurang dari setengah luas lahan, yaitu sekitar 18.000 meter persegi, sehingga terdapat halaman yang luas.

masjidMasjid Raya Sumatera Barat Foto: (Randy/detikTravel)

Tak hanya arsitekturnya yang menarik, masjid ini juga dirancang tahan gempa hingga 10 SR dan memiliki shelter lokasi evakuasi apabila terjadi tsunami. Megahnya masjid mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

Arsitektur dari masjid indah ini adalah pemenang sayembara desain Masjid Sumatera Barat yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara, Rizal Muslimin. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2007 dan pembangunannya selesai pada tahun 2016.

Traveler sudah pernah berkunjung ke Masjid Raya Sumatera Barat?



Simak Video "Nyadran, Tradisi Unik Masyarakat Boyolali Untuk Mengingat Leluhur"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA