Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2021 11:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sungai dan Fungsinya Bagi Masyarakat di Kalimantan

Sejumlah pedagang pasar terapung membagikan sayur dan buah di sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (24/11/2019). Sebanyak 374 pedagang pasar terapung berhasil memecahkan Rekor Museum Indonesia (MURI) sebagai rekor pembagian sayuran dan buah dari jukung terbanyak. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Pasar terapung Banjarmasin (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
Banjarmasin -

Selain menjadi sumber kehidupan, sungai juga memainkan banyak peranan penting. Tidak terkecuali bagi masyarakat di Kalimantan.

Masyarakat Kalimantan adalah satu dari sekian banyak penduduk di Indonesia yang begitu bergantung pada sungai dalam kehidupan sehari-harinya. Sebut saja beberapa nama sungai besar di sana seperti Sungai Barito hingga Kapuas yang juga menjadi pusat peradaban di Kalimantan.

Dalam praktiknya, sungai di Kalimantan juga besar dalam hidup masyarakatnya. Salah satu yang paling terlihat dapat dijumpai di ibukota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Dijuluki sebagai kota seribu sungai, kota ini juga dikelilingi oleh sungai besar dan kecil.

Selain sebagai salah satu sarana untuk melakukan kegiatan sehari-hari, sungai di Banjarmasin juga memiliki satu fungsi lain. Fungsi tersebut adalah fungsi yang banyak dilakukan dan digunakan oleh masyarakat.

Salah satu pemanfaatan sungai bagi masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, adalah sungai ini digunakan sebagai salah satu mode transportasi. Di Banjarmasin sendiri, sungai yang biasanya hanya dapat digunakan untuk kegiatan mandi cuci dan kakus kini telah berpindah menjadi salah satu sarana transportasi yang sangat efektif dan bebas dari macet

Selain sebagai sarana transportasi, sungai juga digunakan untuk berbagai hal. Salah satu hal yang penting bagi pemanfaatan sungai di Banjarmasin adalah pengairan dan irigasi yang banyak dilakukan di tempat-tempat pertanian khusus yang digunakan sebagai salah satu manfaat utama sungai ini.

Irigasi adalah satu hal yang sangat penting sebab banyak layanan masyarakat atau kegiatan cocok tanam masyarakat masih membutuhkan air. Air ini lah yang di dapat dari sungai yang berada di kawasan Banjarmasin.

Dua hal tersebut adalah dua utama dari penggunaan sungai dari warga Banjarmasin, Kalimantan. Selain itu sungai yang sangat luas dan panjang ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata pilihan yang juga akan menarik perhatian para wisatawan.



Simak Video "Kerajinan Unik Khas Dayak Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA