Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Feb 2021 10:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Kampung Warna-warni di Indonesia, Saingannya Busan Cultural Village

Kampung warna-warni Malang
Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)
Jakarta -

Kreativitas masyarakat Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu bentuk kreativitas ini dituangkan dalam kampung warna-warni. Kampung yang tadinya kumuh disulap menjadi tempat wisata yang Instagramable berkat aneka mural dan lukisan. Sekilas, kampung warna-warni ini mirip dengan Busan Cultural Village yang berada di Korea Selatan.

Jika Anda berencana berkunjung ke kampung warna-warni, pilih saja yang paling dekat dengan destinasi wisata favorit Anda.

1. Kampung Jodipan, Malang

Kampung warna-warni MalangKampung warna-warni Malang Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

Inilah salah satu kampung warna-warni paling populer di Indonesia. Kampung Jodipan Malang dulunya merupakan pemukiman kumuh di tepian sungai. Namun kini, suasananya meriah dengan warna-warni mural hingga ke atap rumah warganya. Selain itu, ada pula beberapa spot menarik untuk berfoto, seperti Lorong Payung, Lukisan 3D, hingga jembatan kaca Ngalam Indonesia.

2. Kampung Jetisharjo, Yogyakarta

Jogja juga punya kampung warna-warni yang tidak kalah menarik. Kampung ini merupakan inisiatif dari arsitek Romo Mangunwijaya dan sejumlah mahasiswa untuk menata ulang pemukiman kumuh di kawasan ini pada tahun 1980an. Meski begitu, baru pada tahun 2015 silam kampung ini dikelir dengan warna-warna cerah dan menjadi pemandangan apik yang bisa dinikmati dari atas Jembatan Gondolayu.

3. Kampung Kaliwerno Bejalen, Ambarawa

Siapa sangka desa yang dulunya terisolir karena akses jalan yang buruk kini berubah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Ambarawa? Dibuka sejak tahun 2017, kampung warna-warni ini awalnya populer sebagai destinasi wisata memancing. Setelah warganya bahu membahu menghias kampung dengan berbagai warna, kampung ini pun juga menjadi tempat wisata selfie.

4. Kampung Katulampa, Bogor

Selain menjadi tempat wisata selfie, kampung warna-warni ini pun menawarkan keseruan river tubing di Kali Baru. Jangan khawatir, meski berada di kawasan pemukiman, air di sungai ini cukup bersih dan tidak terlalu dalam. Jalurnya pun tidak terlalu jauh, hanya 500 meter, namun cukup memuaskan untuk liburan singkat. Tempat bilas dan toilet bersih juga tersedia di rumah-rumah warga.

5. Kampung Teluk Seribu, Balikpapan

Tidak hanya di Pulau Jawa, Kalimantan juga punya kampung warna-warni. Lokasinya pun berada di dekat kawasan wisata mangrove Teluk Seribu. Inisiatif mempercantik kampung ini datang dari warga setempat yang ingin kampungnya seindah masa lalu. Alhasil, semua warga dan relawan bekerja sama untuk mengecat kampung ini.

Kemeriahan serupa pun bisa kamu temukan di kawasan pemukiman unik lainnya, misalnya di kawasan pecinan Semarang dan beberapa lokasi pecinan lainnya.



Simak Video "Pemkot Bogor Berlakukan Ganjil Genap Akhir Pekan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA