Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 16:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Catat Nih, 4 Titik Spesial di Pulau Seram

detikTravel
Tugu Taman Nasional Manusela
Jakarta -

Pulau Seram di Maluku Tengah memiliki pesona tiada tara. Ada empat spot yang bisa dikunjungi oleh traveler.

Selain kaya dengan hasil bumi dan rempah rempah, Maluku juga memiliki surga yang mempesona. Itu ada di Nusa Ina atau Pulau Ibu atau Pulau Seram.

Namannya boleh sangar, namun Pulau Seram tidak seseram namanya. Untuk dapat mencapai Pulau Seram, traveler membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan mobil dari ibu kota Kabupaten Maluku Tengah, Masohi.

Jika start dari Kota Ambon, traveler perlu waktu dua jam lebih dulu ke Masohi barulah menuju Pulau Seram.

Pulau Seram memiliki lima titik yang wajib traveler singgahi, apa saja?

1. Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela adalah kawasan konservasi dengan luas sekitar 189.000 Ha. Lokasi kawasan ini hampir meliputi 75 persen kabupaten Maluku Tengah.

Taman Nasional Manusela merupakan gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual.

Taman Nasional Manusela memiliki flora dan fauna beragam. Taman ini mempunyai gunung yang bernama Gunung Binaya dengan ketinggian 3.027 meter di atas ketinggian laut (mdpl).

Taman Nasional Manusela mempunyai 117 spesies burung, seperti burung kakatua Maluku, nuri, dan kasturi. Selain itu, di dalam kawasan Taman Nasional Manusela ada penduduk asli Pulau Seram, yaitu Suku Alifuru dan Suku Hoaulu.

Suku Hoaulu masih kental dengan adat istiadat, budaya dari kehidupan mereka sehari seperti bentuk rumah, perabot rumah tangga yang masih asli Maluku.

Taman Nasional Maluku juga adalah paru-paru dunia sehingga udara disana sangat alami dan segar.

Bagi traveler yang menyukai pantai, Taman Nasional Manusela memiliki pesona yang tidak kalah keren. Di sini memiliki berbagai jenis terumbu karang dan ekosistem laut untuk snorkeling atau diving.

2. Ora Beach

Ora Beach merupakan pantai yang terletak di antara teluk yang menghamparkan pasir putih yang indah. Pantai ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar tetapi memiliki resor sebagai tempat menginap pengunjung.

Ora Beach berjarak sekitar kira-kira 2 km dari Negeri Saleman.

Pantai Ora lebih spesial untuk para pasangan yang baru menikah yang ingin berbulan madu, karena pantai ini jauh dari pemukiman warga. Selain ini, pantai ini pas banget buat traveler yang menginginkan kesendirian.

3. Tebing Batu atau Hatu Pia

Tebing Batu adalah dinding gunung dengan ketinggian sekitar 50 meter dari dasar tebing. Tebing ini spesial karena traveler dapat memandang langsung ke laut yang sangat indah yang berwarna biru kehijauan.

Tebing batu ini berada dekat Negeri Sawai yang juga mempunyai penginapan, yaitu Lisar Bahari.

Jarak tebing ini dari Negeri Sawai dapat ditempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan speedboat. Jadi, pengunjung pasti merasa puas dapat menikmati laut saat berada di speedboat menuju Tebing Batu.

4. Hatu Supun

Hatu Supun adalah tebing yang sejenis dengan Hatu Pia tetapi batu ini menonjol ke laut menyerupai tanjung dan berada pada laut yang dalam.

Batu ini saling berdekatan dengan Tebing Batu Hatu Pia, sekitar 5 menit perjalanan. Batu ini memiliki goa yang sangat indah sehingga para pengunjung dapat memasuki batu ini untuk dapat melihat-lihat isi goa Hatu Supun ini.

Selain itu, Hatu Supun memiliki lukisan purba dalam bentuk gambar yang sangat terkhusus yaitu gambar orang yang sedang memegang parang dan salawaku alat senjata perang asli Maluku.

Menurut cerita rakyat lukisan itu dilukis oleh leluhur Negeri Sawai. Konon lukisan itu sudah ada sejak berabad-abad lalu. Lukisan itu menyatu dengan dinding goa dan Hatu Supun dan tidak bisa terhapus.

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA