Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Feb 2021 21:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Spot Wisata Cantik di Gunungkidul Yogyakarta

Tim detikcom
detikTravel
Pantai Kesirat, Gunung Kidul
Pantai Kesirat Gunungkidul (Foto: Ignatius Damario Susanto/d'Traveler)
Yogyakarta -

Gunungkidul jadi salah satu kabupaten tujuan utama ketika traveler pergi ke Yogyakarta. Di sinilah tempat pantai cantik hingga lanskap alam yang memukau.

Bahkan, ketika traveler baru masuk ke Kabupaten Gunungkidul akan disambut salah satu destinasi unggulannya. Kamu tahu, berikut daftar destinasi wisatanya:

1. Bukit Bintang Gunungkidul

Kelap-kelip cahaya dari lampu-lampu rumah penduduk, terlihat bak kilauan bintang dari atas Bukit Bintang. Inilah panorama paling cantik dan romantis, terlebih saat malam hari di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Bukit Bintang di Pathuk, Gunungkidul, sekilas terlihat seperti kawasan Puncak di Jawa Barat. Bedanya, tak banyak warung di pinggir jalannya hanya ada beberapa warung makan lesehan.

Bukit Bintang di YogyakartaBukit Bintang di Yogyakarta (Foto: ivan satriyadi pratama/d'traveler)

Kalau siang hari, tak banyak orang yang berhenti di daerah ini. Lain cerita saat malam tiba, di sisi jalan ini banyak pedagang kaki lima yang menjual jagung bakar, wedang jahe, dan lain-lain. Rumah makannya juga ramai dikunjungi para pelancong.

Bukit Bintang merupakan wisata malam yang mempertontonkan panorama paling romantis dari atas ketinggian. Dinamakan Bukit Bintang karena dari atas bukit ini pelancong bisa melihat kelap-kelip dari lampu rumah-rumah warga di wilayah Yogyakarta yang terlihat seperti bintang.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Selain kontur gunungnya yang unik, Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul juga menyajikan pemandangan yang indah. Dari atas sini, pemandangan hijau Yogyakarta terlihat begitu luas.

Berada di kawasan Gunungkidul, butuh usaha untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggian Gunung Api Purba Nglanggeran. Perlu trekking menuju puncak gunung.

Tapi jangan kuatir karena perjalanannya seru dan pemandangan di atas sangat juara. Bebatuan karst yang tersebar di area gunung membuat kamu terasa seperti di zaman dinosaurus. Sedangkan pemandangan dari atas, membuat kamu merasa seperti seekor burung.

Gunung Api Purba GunungkidulGunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul (Foto: Brigida Emi/d'Traveler)

Di dekatnya, Yogyakarta memiliki banyak spot untuk menikmati sunset. Salah satunya adalah Embung Nglanggeran yang terletak di Desa Wisata Gunung Api Purba, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Uniknya, embung ini hanya satu satunya yang berada diatas bukit, memiliki luas 0,34 Ha dan digunakan untuk mengairi kebun buah seperti durian dan kelengkeng. Embung Nglanggeran diresmikan oleh Gubernur D.I.Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013 dan kini menjadi tempat wisata favorit untuk memburu senja.

3. Sungai Oyo dan Gua Pindul Gunungkidul

Olahraga yang memacu adrenalin tengah marak di tengah masyarakat, salah satunya adalah arung jeram atau rafting. Olahraga ini biasa dilakukan di sungai beraliran air deras, seperti Sungai Oyo di Gunungkidul, Yogyakarta.

Di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, ada Desa Wisata Bejiharjo yang menawarkan banyak wisata alam, salah satunya adalah mini rafting di Sungai Oyo. Mini rafting ada olahraga pemicu adrenalin dengan cara menyusuri hulu Sungai Oyo menggunakan ban karet.

Pernah mendengar objek wisata Goa Pindul? Berlokasi di Yogyakarta, traveler yang berkunjung akan diajak menyusuri sungai di bawah tanah.

River tubing di Sungai Oyo, YogyakartaRiver tubing di Sungai Oyo, Yogyakarta Foto: Derid/d'Traveler


Destinasi ini tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta.

Traveler yang mau ke Goa Pindul jangan lupa bawa baju ganti, karena di sini kita akan main basah-basahan, kamu akan menyusuri sungai di dalam gua sepanjang 350 meter. Lebar gua sendiri mencapai 5 meter dengan kedalaman air 5-12 meter, tergantung pada intensitas hujan. Tapi jangan khawatir, wisatawan akan dibekali jaket pelampung hingga ban tubing.

4. Pantai Kesirat-Baron-Sadeng

Begitu banyak wisata pantai di Gunungkidul. Total ada 22 pantai, seperti dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Senin (15/2/2021). Sepanjang pesisir kabupaten ini adalah deretan pantai yang apik dimulai dari Kesirat, Baron sampai Sadeng.

- Pantai Kesirat

Pantai Kesirat adalah satu di antara deretan pantai di selatan Yogya yang terkenal dengan keindahan debur ombak, batu karang dan pemandangan senja yang memukau. Anda bisa kemping di destinasi wisata ujung barat Gunungkidul ini.

Jika anda penikmat pantai dan pencinta olah raga berjalan kaki, pantai Kesirat jawabannya. Pantai Kesirat terletak di Panggang, Gunungkidul merupakan satu dari deretan panjang hamparan pantai di sepanjang selatan Yogyakarta.

Letaknya lumayan tersembunyi tapi sudah terdapat fasilitas jalan yang lumayan bagus sampai di pelataran parkiran. Setelah memarkir kendaraan kita harus sedikit tracking berjalan kaki sekitar 10 menit melalui bukit karang kecil yang ditumbuhi pohon-pohon hijau khas pantai.

Pantai Baron GunungkidulPantai Baron Gunungkidul (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

- Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki air yang biru. Destinasi ini memiliki mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter.

Ikon Pantai Baron itu berdiri sejak tahun 2014 dan masih aktif hingga sekarang. Letak mercusuar tak jauh dari pantai, sekitar 10 menit berjalan kaki. Lokasinya berada di timur pantai. Dari pantai, mercusuar ini terlihat jelas.

- Pantai Sadeng

Perjalanan menjelajahi daerah pesisir Gunungkidul, ada Pantai Sadeng yang asyik dikunjungi. Pantai di Kecamatan Girisubo ini menjadi tempat bagi pelabuhan penangkapan ikan yang diyakini terbesar di D I YogyakartaTak hanya punya jejeran pantai yang indah, destinasi ini punya tempat pelelangan ikan yang begitu ramai. Traveler pun bisa bertemu langsung dengan nelayan yang baru pulang melaut, sekaligus belanja ikan segar.

Jalur menuju Pantai Sadeng adalah melalui Wonosari-Semanu-Bedoyo-Rongkop, lalu menuju ke selatan ke arah Girisubo. Jalanan di sepanjang rute menuju Pantai Sadeng yang berada di ujung timur Gunungkidul ini adalah jalur perbukitan.



Simak Video "Paduan Hangatnya Bakso dan Khasiat Rosela, Menu Spesial Warga Gunung Kidul"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA