Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2021 16:54 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada di Majalengka, Agrowisata Kebun Anggur Brasil Yang Unik

Bima Bagaskara
detikTravel
Agrowisata di Majalengka.
Kebun Anggur Brazil di Majalengka (Bima Bagaskara/detikTravel)
Majalengka -

Kabupaten Majalengka dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata alam. Selain itu, ada juga destinasi agrowisata yang patut dikunjungi.

Destinasi agrowisata itu ialah Kebun Anggur Brasil yang ada di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Berkunjung ke sini, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas mulai dari melihat cara penanaman pohon Anggur Brasil hingga mencicipi langsung buah Anggur Brasil yang unik.

Buah Anggur Brasil sendiri dibilang unik karena tidak tumbuh dari ranting seperti anggur pada umumnya. Namun Anggur Brasil justru tumbuh di batang pohonnya. Anggur Brasil juga dikenal dengan nama jaboticaba.

"Kebun anggur ini mulai dibangun tahun 2019 dan baru penataan tahun 2020. Disini ada tiga paket yang ditawarkan, ada paket edukasi, paket wisata dan paket liwet," kata Deden Purbaya (29) pemilik sekaligus pengelola Kebun Anggur Brazil pada detikTravel, Rabu (17/2/2021).

Agrowisata di Majalengka.Deden, pengelola agrowisata (Bima Bagaskara/detikTravel)

Deden menjelaskan biasanya pengunjung yang datang adalah anak-anak sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka datang untuk belajar semua hal tentang tanaman, khususnya Anggur Brasil.

"Paket edukasi itu biasanya dari anak SD, PAUD, mereka belajar tentang pertanian dan anak-anak diajak cara memasukkan tanaman ke dalam polybag," kata Deden.

"Untuk siswa SMP SMA atau yang dewasa, mereka diajarkan cara menanam, memupuk dan menempel batang pohon itu," lanjutnya.

Sementara untuk paket wisata, pengunjung akan diajak berkeliling di kebun seluas 3.500 meter persegi yang semuanya berisikan pohon Anggur Brasil.

Agrowisata di Majalengka.Populer untuk wisata edukasi (Bima Bagaskara/detikTravel)

Selain berwisata, pengunjung juga bisa membeli bibit Anggur Brasil yang bernilai jual tinggi. Harga bibit yang dijual di tempat milik Deden ini mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 8 juta.

Sementara untuk harga buah Anggur Brasil sendiri dijual per kilogramnya Rp 250 ribu.

"Harga bibit mulai 30 ribu per pohon ukuran 40-60 cm. Tapi ada juga yang harganya 8 juta, itu tergantung batang, kerindangan dan sudah berbuah atau belum. Kalau yang sudah berbuah minimal mulai dari Rp 2,5 juta," ujar Deden.

Tidak hanya Anggur Brasil, menurutnya jika pengunjung ingin membeli bibit jenis tanaman lainnya, Deden bisa dengan mudah menyediakan. Itu karena sebagian besar warga di Desa Teja bekerja sebagai petani bibit tanaman.

"Kalau mau bibit tanaman lain bisa tinggal bilang aja. Disini mayoritas itu warganya petani bibit, mulai dari mangga sampai durian ada, semuanya ada lah pokoknya," pungkasnya.

Apabila tengah berkunjung ke Majalengka, mungkin bisa sekalian mampir ke Kebun Anggur Brasil. Apalagi jika bersama sang buah hati.



Simak Video "Penampakan 'Desa Mati' Tak Berpenghuni di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA