Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Feb 2021 17:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Terbaik Menikmati Senja Cantik di Sumatera Barat

Jeka Kampai
detikTravel
Sunset cantik dari Pantai Carocok Painan
Foto: Senja cantik di Pantai Carocok Painan (Jeka Kampai/detikTravel)
Painan -

Kawasan Pantai Carocok Painan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat jadi salah satu lokasi hits bagi para traveler. Senja di sini cantik sekali!

Mengunjungi tempat ini, traveler bisa mendapat kepuasan berlipat. Tak hanya sekedar menikmati wisata bahari semata, melainkan juga wisata religi.

Carocok berada sekitar satu setengah jam perjalanan dari pusat Kota Padang, tepatnya di Painan, ibukota kabupaten Pesisir Selatan.

Di pinggir pantai Carocok juga terdapat sebuah jembatan. Namanya Jembatan Asmara. Jembatan ini menghubungkan kawasan pinggir pantai Carocok dengan Pulau Batu Kereta. Para pengunjung bisa menikmatinya dengan berjalan kaki.

Sekitar 200 meter ke arah barat dari objek wisata pantai ini terdapat sebuah pulau kecil berpasir putih yang bernama pulau Cingkuak.

Sunset cantik dari Pantai Carocok PainanSunset cantik dari Pantai Carocok Painan Foto: Jeka Kampai/detikTravel

Dalam sejarahnya, Pulau Cingkuak adalah tempat pertama kali Portugis menginjakkan kaki. Sisa-sisa peninggalan Portugis hingga kini masih bisa ditemui di lokasi tersebut.

Di Pulau Cingkuak, wisatawan dapat menikmati berbagai wahana olahraga air seperti banana boat, jetski, donat boat, dan berbagai variasi bentuk perahu karet. Pulau Cingkuak bisa ditempuh dengan menggunakan perahu bermotor sekitar 5 menit. Untuk setiap orang dipungut biaya Rp 10 ribu.


Di luar wisata pantai, saat ini juga ada yang baru lho di Carocok. Tempat itu adalah Masjid Terapung yang pas digunakan untuk wisata religi. Sejatinya, Masjid Terapung itu bernama Samudera Illahi yang baru diresmikan awal Februari 2021 lalu.

Sesuai namanya, lokasi masjid ini memang berada di dalam bibir laut dan tampil seperti terapung. Sejak diresmikan, keberadaan masjid ini langsung menjadi magnet warga, dan diperkirakan bakal menjadi ikon wisata baru di Pesisir Selatan.

Sunset cantik dari Pantai Carocok PainanSunset cantik dari Pantai Carocok Painan Foto: Jeka Kampai/detikTravel

Masjid terapung Samudera Ilahi dibangun di atas lahan seluas 1.795 meter persegi, dan menelan biaya 27,5 Miliar Rupiah. Bangunan inti masjid adalah tempat Shalat yang bisa menampung 300 jemaah, lalu ada selasar, 2 menara setinggi 32 meter dan taman.

Ia menyebut, pembangunan Masjid Samudera Ilahi sebagai sarana ibadah bagi masyarakat dan pengunjung Pantai Carocok Painan, sekaligus sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kawasan ini akan sangat indah, kalau dinikmati pada senja hari, menjelang matahari terbenam. Saat-saat harus segera Tafakur kepada sang pencipta dan menunaikan ibadah Shalat Magrib. Kalau cuaca mendukung, wah cantiknyoo...



Simak Video "Longsor di Pesisir Selatan Sumbar, Warga Bakal Direlokasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA