Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Feb 2021 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Masjid Terapung di Painan Sumbar yang Sempat Viral

Jeka Kampai
detikTravel
Masjid Terapung Painan
Masjid Terapung di Painan (Jeka Kampai/detikcom)
Pesisir Selatan -

Masjid Terapung di Painan ini jadi destinasi wisata baru Sumatera Barat. Beberapa waktu lalu masjid sempat viral karena tingkah tak patut muda-mudi.

Sebuah video empat perempuan muda joget-joget di dalam Masjid, viral di sosial media. Video itu kemudian diketahui, direkam di areal Masjid Samudera Illahi yang ada di kawasan Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Masjid Samudera Illahi itu juga dikenal sebagai Masjid Terapung. Sesuai namanya, lokasi masjid ini memang berada di dalam bibir laut dan tampil seperti terapung. Masjid ini baru saja selesai dan secara resmi mulai digunakan pada Jumat (8/2/2021) lalu. Sejak diresmikan, keberadaan masjid ini langsung menjadi magnet warga, dan diperkirakan bakal menjadi ikon wisata baru di daerah itu.

Masjid Terapung PainanBupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Masjid Terapung Painan Foto: (Jeka Kampai/detikcom)

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menjelaskan, masjid Terapung Samudera Ilahi dibangun di atas lahan seluas 1.795 meter persegi, dan menelan biaya 27,5 Miliar Rupiah.

"Bangunan inti masjid ini adalah tempat Shalat yang bisa menampung 300 jemaah, lalu ada selasar, 2 menara setinggi 32 meter dan taman," kata Hendrajoni dalam penjelasannya kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Ia menyebut, pembangunan Masjid Samudera Ilahi sebagai sarana ibadah bagi masyarakat dan pengunjung Pantai Carocok Painan, sekaligus sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Diharapkan, keberadaan masjid ini dapat menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai destinasi wisata terkemuka, terpopuler dan religius di Sumatera Barat dan Indonesia," kata Hendrajoni.

Masjid Terapung PainanMasjid Terapung Painan Foto: (Jeka Kampai/detikcom)

Berkaitan dengan nama Masjid Terapung Samudera Ilahi, menurutnya, memiliki makna bathiniah yang sangat dalam. Diharapkan, dengan memasuki Masjid Terapung Samudera IIahi dapat menyadarkan umat bahwa dia memasuki lautan Ketuhanan dengan segala sifat-Nya, kebesaran Allah, Keagungan Allah, Kehalusan Allah. Pendekatannya adalah pendekatan rasa atau tasawwuf.

"Orang banyak tenggelam di dunia karena tidak menghidupkan rasa dalam dirinya. Oleh karenanya, tenggelamlah di Samudera Ilahi sebelum engkau ditenggelamkan dunia," katanya.

Sayang, aksi empat wanita joget yang terekam dalam video Tiktok yang viral mencoreng nama masjid ini.



Simak Video "Warga Pesisir Selatan Ramai-ramai Demo Minta Bupati Tak Ditahan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA