Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Feb 2021 18:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Miliki Lahan Seluas 2,5 Hektare, Wisata Religi Ini Berkonsep Edutainment

Saat ini, jamaah harus menunda keberangkatan ibadah ke tanah suci karena pandemi yang belum mereda. Mungkin dengan berwisata religi ke sini, rasa rindu traveler bisa terobati.
Al Maumudah Manasih Training Center di Tangsel buat yang rindu Mekkah (Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Di daerah Tangerang Selatan baru saja dibuka kawasan wisata manasik haji. Spesialnya, kawasan ini memiliki konsep edukasi dan entertainment

Al Mahmudah Training Center tepatnya berlokasi di area wisata Lubana Sengkol, jalan Lingkar Selatan, KM 1,5, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Baru menerima wisatawan awal Februari lalu, kawasan ini ingin menjadi tempat manasik haji terbaik di Indonesia.

"Jadi, kami ingin menjadi the best manasik training center-lah di Indonesia. Bukan karena terbesar, termegah tapi karena pelayanan yang kita sajikan itu baik, baik dan sulit dilupakan," kata General Manager Al Mahmudah Training Center, Tubagus Ari, kepada detikTravel.

Saat ini, jamaah harus menunda keberangkatan ibadah ke tanah suci karena pandemi yang belum mereda. Mungkin dengan berwisata religi ke sini, rasa rindu traveler bisa terobati.Saat ini, jamaah harus menunda keberangkatan ibadah ke tanah suci karena pandemi yang belum mereda. Mungkin dengan berwisata religi ke sini, rasa rindu traveler bisa terobati. Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Dengan dasar islami, Almahmudah Manasik Training Center mencoba menciptakan sesuatu yang menarik secara emosional. Konsepnya adalah sebuah edukasi dan entertaiment.

"Jadi kalau dibanding tempat manasik haji yang lain, kalau kita lihat ini kita balut dengan konsep edutainment sih jadi education dan entertainment dengan semangat religi islami," kata Ari

Targetnya secara umum adalah kaum muslim di Indonesia dan secara khusus bisa menjadi tempat pelatihan bagi anak-anak atau sekolah yang memiliki kurikulum praktek manasik haji. Namun dibalut secara fun.

"Harus kayanya di Indonesia ini memang banyak ibu-ibu dan anak anak kan biasanya suka tamasya wisata sehingga harus dibalut wisata pendidikan, ketika dibalut wisata jadi fun ya," tambahnya.

Ada wahana teater yang menampilkan film animasi anak yang berkonsep islami. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik di Al Mahmudah Training Center.

"Yang kedua itu, mengenai persiapan jamaah haji umrah itu juga target untuk mempersiapkan (keberangkatan) mereka gitu, artinya umrah haji ini kan nggak pernah selesai insya Allah ampe akhir zaman lah ya," kata Ari.

Namun, Ari berharap, Almahmudah bukan hanya menjadi tempat wisata, namun juga kesiapan bagi orang-orang yang mau berangkat haji atau umrah.

"Kalau saya inngin ini tempat baru dan semoga bukan karena keviralannya tempat ini bisa menjadi tempat yang bukan hanya wisata tapi dasarnya religi lah yg bisa direnungkan juga bagi masyarakat Indonesia sebagai tempat persiapan sebelum mereka haji atau umrah sehingga kesan-kesan itu yg lebih diutamakan daripada wisata," kata Ari.



Simak Video "Serunya Belajar Manasik Haji, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA