Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Feb 2021 09:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Bira, Destinasi yang Bikin Nurdin Abdullah Dicokok KPK

Bonauli
detikTravel
Pantai Bira
Pantai Tanjung Bira (Pradikta Kusuma/d'travelers)
Bulukumba -

Pantai Bira kembali viral. Kali ini kecantikannya disalahgunakan sebagai ladang suap.

KPK menetapkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah sebagai tersangka kasus suap infrastruktur wisata di Sulsel. Infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan kawasan pedestrian di Bira, Bulukumba.

Pembangunan jalur pedestrian sepanjang 1,1 km (kilometer). Kawasan ini menjadi destinasi wisata baru yang diperbaiki dan dirapikan dengan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Mari kita lebih kenal Pantai Bira. Pantai Tanjung Bira berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar jaraknya sekitar 5-6 jam lagi jika berkendara naik mobil.

pantaiPantai Tanjung Bira Foto: (Neny Setyowati/d'Traveler)

Dibandingkan Tana Toraja atau Ramang-ramang, nama Pantai Tanjung Bira memang masih kalah pamor. Padahal, Tanjung Bira adalah gerbang untuk bisa mencapai Selayar dan Takabonerate.

Bagi pemburu vitamin sea, Pantai Tanjung Bira adalah tempat yang cocok. Pasir pantainya sangat halus seperti bedak. Airnya jernih dan cocok untuk main basah-basahan.

Kalau air sedang surut, kalian bisa juga menyusuri garis pantai ke arah barat menuju Pantai Bara yang nggak kalah cantik. Pasir pantainya juga halus dan di pantai Bara ada beberapa pohon kelapa yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Buat kamu yang suka dengan keindahan bawah laut coba snorkeling di sini, ya. Kamu bisa menyewa perahu dan snorkeling di sekitar Pulau Kambing atau Liukan Loe. Selain ikan-ikan karang, kamu juga bisa bertemu penyu.

Pantai Bara di Tanjung BiraPantai Bara di Tanjung Bira Foto: (Deni Aulia Gafie/d'traveler)

Saat senja datang, langit di atas Pantai Bira berubah drastis. Bias jingga menggores cakrawala dengan lembut. Pantulannya bergerak lembut selaras dengan gelombang yang datang.

Spot terbaik untuk menikmati sunset menurut saya adalah di pantai antara Tanjung Bira dan Bara. Untuk menuju ke sini, jika air sedang pasang, kalian bisa memutar melewati jalan berbatu dari cabang jalan di Pantai Tanjung Bira. Tidak lama, hanya sekitar 20 menit berjalan kaki.



Simak Video "Geng Motor dan Mobil Ini Kocar-kacir Dirazia Satgas Covid Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA