Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Mar 2021 17:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Keindahan Air Terjun Indo Rannuang di Polman

Abdy Febriady
detikTravel
Air Terjun Indo Rannuang Polewali Mandar
Air terjun Indo Rannuang. Foto: Abdy Febriady/detikcom
Polewali -

Menjelajah Kabupaten Polewali Mandar seolah tidak pernah lepas dengan keindahan alamnya. Potensi wisata di daerah ini tersebar pada semua wilayah, baik di pantai maupun pegunungan.

Salah satunya berada di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi. Di desa ini, terdapat satu potensi wisata alam yang masih tersembunyi, namanya Air Terjun Indo Rannuang.

Dikisahkan, kata Indo Rannuang, berasal dari nama salah seorang warga setempat, yang hilang di lokasi air terjun. Oleh warga, Indo berarti ibu, sedangkan Rannuang nama ibu tersebut.

"Itu Indo Rannuang, ada orang hanyut sehingga dinamai Indo Rannuang. Yang hanyut itu namanya Indo Rannuang, dan tidak ditemukan," kata salah seorang warga, Tahir Umar kepada wartawan.

Tapi lupakan soal asal usul nama objek wisata alam ini, yang terpenting bagaimana traveler bisa menjangkau lokasi lokasi air terjun, bak surga kecil yang masih tersembunyi ini.

Air Terjun Indo Rannuang, berjarak sekira 8 kilometer, dari Kecamatan Polewali sebagai ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, dengan waktu tempuh sekira 30 menit.

Untuk menjangkau lokasi air terjun ini, sebahagian jalan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua, kemudian dilanjutkan dengan kendaraan roda dua, dan sedikit berjalan kaki.

Air Terjun Indo Rannuang Polewali MandarAir Terjun Indo Rannuang Polewali Mandar. Foto: Abdy Febriady/detikcom

Bagi traveler yang ingin berkunjung, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, agar perjalanan menuju lokasi wisata yang melewati pemukiman dan areal perkebunan warga, terasa lebih nikmat.

Kendati perjalanan menuju lokasi Air Terjun Indo Rannuang ini cukup melelahkan, apalagi pada beberapa titik, traveler harus melewati jalan yang cukup ekstrim. Namun jangan khawatir, dijamin rasa lelah tersebut seketika hilang saat berada di tempat ini.

Destinasi wisata Air Terjun Indo Rannuang, memiliki suasana lingkungan yang masih sangat alami. Keberadaan pepohonan tinggi dengan daunnya yang rimbun, membuat udara di tempat ini terasa sangat menyegarkan.

Selain itu, Air Terjun Indo Rannuang yang berada pada ketinggian 630 meter di atas permukaan laut, memiliki beberapa tingkatan dengan ketinggian bervariasi, antara 10 hingga 100 meter.

Air Terjun Indo Rannuang Polewali MandarAir Terjun Indo Rannuang Polewali Mandar. Foto: Abdy Febriady/detikcom

Pada setiap tingkatan, terdapat kolam genangan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam ini sangat cocok menjadi tempat bagi traveler, yang ingin merasakan kesejukan dan dinginnya air yang mengalir air air terjun ini.

Layaknya tempat wisata alam pada umumnya, di sekitar Air Terjun Indo Rannuang terhampar bebatuan, pas menjadi tempat para traveler untuk bersantai ataupun sekedar mengabadikan foto-foto yang instagramable tentunya.

Namun sayang, kendati Air Terjun Indo Rannuang memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Belum terlihat adanya perhatian pemerintah, untuk mengembangkan kawasan wisata alam ini. Bahkan ketiadaan sarana pendukung sederhana seperti tempat sampah, membuat sekitar air terjun tampak kotor oleh sampah sisa pengunjung yang berserakan.

"Ini yang perlu dibenahi, karena jalannya cukup terjal, berbahaya bagi pengunjung, sampahnya juga, meski sedikit tetapi harus mendapat perhatian," ungkap pengunjung, Sahra Cantika, yang mengaku merasa takjub akan keindahan air terjun Indo Rannuang yang masih alami.

Karena lokasi Air Terjun Indo Rannuang cukup jauh dari pemukiman warga, traveler disarankan untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup sebelum mendatangi tempat ini. Tapi jangan lupa, buang sampah pada tempatnya, agar keindahan air terjun ini bisa tetap terjaga.

Nah bagi traveler yang ingin merasakan sensasi berwisata di tempat yang masih alami, sekaligus untuk merelaksasi diri dari hiruk pikuk suasana perkotaan, Air Terjun Indo Rannuang bisa menjadi pilihan.



Simak Video "Belum Terjamah Pemerintah, Begini Asrinya Air Terjun Indo Rannuang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA