Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mar 2021 11:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Lokasi Perayaan Nyepi Selain Bali

CNN Indonesia
detikTravel
Sejumlah umt Hindu di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, menggelar ritual Melasti. Upacara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Nyepi.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Umat Hindu akan merayakan Hari Raya Nyepi pada Minggu (14/3). Suasana di Bali tentu saja akan lebih khusyuk, karena umat Hindu akan berdiam diri di rumah yang merupakan salah satu ritual bernama Catur Berata Penyepian.

Catur Berata Penyepian bukan satu-satunya ritual yang dijalani umat Hindu selama Nyepi, karena banyak ritual sebelum dan sesudahnya, seperti Melasti, Bhuta Yajna, Yoga/Brata, Ngembak Agni/Labuh Bratah, sampai Dharma Shanti.

Sebelum pandemi virus Corona yang melahirkan aturan jarak fisik hingga pembatasan perjalanan, Pawai Ogoh-ogoh menjadi salah satu perayaan Nyepi yang paling ditunggu-tunggu warga dan turis di Bali. Perayaan Nyepi di Bali terasa lebih semarak karena sebagian besar warganya ialah pemeluk Hindu.

Namun, khusyuknya Nyepi sebenarnya tak hanya bisa dirasakan di Pulau Dewata. Berikut daerah lain di Indonesia yang juga menggelar tradisi Nyepi:

1. Boyolali

Saat Nyepi, ratusan umat Hindu di Boyolali, Jawa Tengah melakukan Tradisi Mendak Tirta. Salah satu ritualnya yang unik ialah Mendak Tirta, yakni upacara mencari amerta atau air kehidupan untuk menyucikan jiwa dan nilai-nilai spritual dan kebersihan jiwa.

Lokasi Mendak Tirta berada di Mata Air Ngabean, di sini umat Hindu melakukan penyelaman untuk mengambil air. Nantinya air tersebut akan dibawa ke Candi Boko Prambanan untuk disatukan bersama dengan amerta dari daerah lain dalam Upacara Mecaru atau doa bersama menjelang Nyepi.

2. Mataram

Sama seperti di Bali, kota Mataram di Nusa Tenggara Barat juga menggelai Pawai Ogoh-ogoh saat Hari Raya Nyepi. Pawai Ogoh-ogoh ini digelar oleh pemuda-pemuda banjar di Mataram dengan tujuan untuk mengusir hawa buruk dari muka bumi.

Jika turis di Bali dilarang keluar rumah selama Nyepi, maka di sini aturannya lebih fleksibel, namun yang tidak merayakan tetap harus menjaga ketenangan dan kesopanan.

3. Malang

Pantai Balekambang ialah salah satu objek wisata populer di Malang. Lokasinya berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Di sini turis bisa melihat penampakan miniatur Tanah Lot khas Pulau Dewata.

Biasanya tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi, warga Hindu di sini menggelar upacara Jalani Dhipuja dilakukan di Pantai Balekambang. Ritual tersebut tak berbeda dari upacara Melasti di Bali, inti dari Jalani Dhipuja adalah penyucian terhadap manusia dan alam semesta.

Sehari sebelum Nyepi, umat Hindu yang hendak mengikuti upacara di Pantai Balekambang ini telah datang ke pura yang ada di kawasan pantai itu untuk mempersiapkan jolen atau sesajen.

4. Candi Prambanan

Merupakan salah satu obyek wisata budaya di selatan Jawa, Candi Prambanan menjadi salah satu pusat perayaan Hari Raya Nyepi di Jawa Tengah. Biasanya di lapangan akan didirikan tenda untuk para umat yang hendak berdoa.

Tak sedikit umat Hindu datang dari beberapa daerah di luar Yogya untuk mengikuti prosesi Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan.

5. Pantai Losari

Pemandangan sunset bukan satu-satunya magnet kedatangan turis ke Pantai Losari. Pada perayaan Nyepi, umat Hindu datang ke sini untuk menggelar upacara Melasti. Prosesi Melasti di Makassar tidak memiliki banyak perbedaan dari di Bali.

6. Probolinggo

Suku Tengger Bromo yang bermukim di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur merayakan Hari Raya Nyepi setiap tahunnya. Oleh karena itu, Gunung Bromo akan ditutup total selama Nyepi.

Salah satu ritual yang mereka lakukan ialah berdiam diri di dalam rumah, atau tapabrata, selama 24 jam, yakni mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB pada hari berikutnya. Seperti halnya umat Hindu di Bali, selama ritual tapabrata, warga dilarang menyalakan lampu, keluar rumah apalagi berbuat gaduh.

7. Kupang

Umat Hindu yang bermukim di Kupang biasanya melakukan upacara melasti di Pantai Pasir Panjang. Upacara Melasti ini diawali dengan melakukan arak-arakan dari Pura Oebananta menuju Pantai Pasir Panjang dengan berjalan kaki.



Simak Video "Hari Raya Nyepi, Jokowi: Tata Kembali Sikap-Jaga Keharmonisan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA