Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Mar 2021 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 4 Hal yang Dilarang Dilakukan Umat Hindu saat Nyepi

Putu Intan
detikTravel
Sejumlah umt Hindu di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, menggelar ritual Melasti. Upacara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Nyepi.
Umat Hindu melaksanakan Upacara Melasti sebelum Nyepi. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Umat Hindu Nusantara kembali menyambut Nyepi tahun ini. Saat Nyepi, ada 4 pantangan yang harus dihindari umat Hindu. Simak penjelasannya.

Hari Raya Nyepi diperingati umat Hindu di Indonesia setiap setahun sekali. Pada tahun 2021 ini, Nyepi jatuh pada hari Minggu (14/3).

Pada saat Nyepi, umat Hindu akan menghentikan segala bentuk aktivitas. Bahkan di Pulau Bali, fasilitas umum seperti bandara dan pelabuhan pun akan ditutup untuk jangka waktu tertentu.

Tapi jangan salah traveler, saat Nyepi, umat Hindu tak cuma menghentikan segala kegiatan dan menjaga keheningan. Tapi hari itu menjadi momentum bagi mereka untuk belajar mengendalikan dan merefleksikan diri.

Saat Nyepi, umat Hindu wajib melaksanakan catur brata penyepian yang terdiri atas 4 pantangan yaitu amati geni, amati karya, amati lelungan, dan amati lelanguan. Seluruh proses pengendalian diri ini dilakukan mulai pukul 05.00 sampai 05.00 keesokan harinya.

Berikut penjelasan dari catur brata penyepian:

1. Amati geni artinya tidak menyalakan api. Aturan ini dapat dipahami dengan tidak menyalakan listrik, api, serta mengobarkan hawa nafsu.

2. Amati karya artinya tidak bekerja atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Sebaliknya, pada saat ini, umat Hindu harus fokus pada penyucian rohani.

3. Amati lelungan artinya tidak bepergian. Umat Hindu akan diam di rumah dan memusatkan perhatiannya pada Tuhan. Oleh sebab itu saat Nyepi, pelabuhan sampai bandara akan menghentikan aktivitasnya sejenak.

4. Amati lelanguan yang artinya tidak mengadakan atau menikmati hiburan atau rekreasi. Dalam pelaksanaannya, umat Hindu juga tidak makan dan minum selama Nyepi.

Setelah selesai merampungkan seluruh catur brata penyepian, umat Hindu akan melakukan tradisi berkunjung ke rumah tetangga, teman, dan saudara untuk merayakan Ngambek Geni. Momen ini digunakan untuk saling meminta maaf dan mengeratkan tali persaudaraan.



Simak Video "Dibuka Usai Nyepi, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Sejak Dini Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA