Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mar 2021 10:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Situ Rawa Gede, Danau Tersembunyi di Bogor yang Cantiknya Bikin Meleleh

Bonauli
detikTravel
Situ Rawa Gede di Bogor
Situ Rawa Gede bisa menjadi pilihan traveler untuk berakhir pekan. (Bonauli/detikcom)
Bogor -

Bogor dan wisata alamnya memang paling ampuh untuk melepaskan penat. Traveler yang butuh pemandangan hijau di akhir pekan, coba datang ke Situ Rawa Gede.

Situ Rawa Gede terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Terletak di ketinggian 800 mdpl, perjalanan ke sana seperti lagu naik-naik ke puncak gunung dengan trek yang cukup terjal.

Tapi, soal pemandangan, kawasan ini dijamin bikin 'merem melek' traveler.

Buat traveler yang baru pertama kali ke Situ Rawa Gede tidak perlu khawatir, sebab kawasan ini sudah tercantum di dalam aplikasi peta dan penunjuk jalannya pun lumayan jelas.

Situ Rawa Gede di BogorSitu Rawa Gede di Bogor Foto: (Bonauli/detikcom)

Semakin ke atas, udara akan semakin segar. Begitu sampai di Rawa Gede udaranya akan jadi lebih dingin. Siang harinya, kabut akan turun dan membuat kawasan rawa ini makin teduh.

Di pintu gerbang, wisatawan harus membeli tiket terlebih dahulu. Biayanya Rp 20 ribu per orang. Semua petugasnya memakai masker, wisatawan pun diminta untuk taat prokes.

Danau ini telah memiliki fasilitas yang bikin nyaman pelancong. Di antaranya ada beberapa gazebo untuk duduk-duduk, juga toilet, dan warung makan.

Situ Rawa makin komplet dengan ada area tebing yang biasanya dijadikan tempat kemping.

Di tengah pandemi ini, banyak juga wisatawan yang kemping ternyata. Saat itu saja ada sekitar 4-5 tenda yang berdiri di sana. Kepulan asap terlihat untuk menghangatkan suasana. Tenang, sudah ada tempat buat api unggung atau pot bakaran yang disediakan oleh pengelola.

Wisatawan yang ingin berkemping akan dikenakan biaya tambahan Rp 10 ribu per saja. Sebagai area kemping, Situ Rawa Gede buka selama 24 jam kok.

Situ Rawa Gede di BogorSitu Rawa Gede di Bogor Foto: (Bonauli/detikcom)

Area danau dihiasi dengan jembatan kayu dan jembatan apung. Spot berfoto disediakan sehingga wisatawan bisa puas selfie.

Atraksi lain yang diberikan adalah curug-curug yang tersebar di atas danau. Kemudian kamu juga bisa berenang di kolam yang airnya langsung dari curug. Segar banget!

Untuk yang tak mau main basah-basahan, ada bebek-bebekan juga. Untuk setengah jam akan dikenakan biaya Rp 25 ribu saja.

Kalau mau menginap tapi tak bawa tenda, tenang saja. Karena di sisi danau ada homestay yang bisa kamu sewa. Harganya Rp 400 per malam dan Rp 500 per malam di hari libur dan akhir pekan.

Kini Situ Rawa Gede menjadi wisata agrowisata. Sehingga kamu bisa nongkrong sambil menyesap kopi, ya!



Simak Video "Tangkap Penerobos Ring 1 Istana Bogor, Praka M Rofik Diapresiasi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA