Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Body Rafting Menjelajah Sungai Ciwayang Pangandaran, Seru Gila!

Faizal Amiruddin
detikTravel
Body Rafting Sungai Ciwayang di Pangandaran
Foto: Body rafting di Sungai Ciwayang (dok. Kompepar Ciwayang)
Pangandaran -

Selain wisata pantainya, Pangandaran juga terkenal dengan daya tarik wisata sungai yang tak kalah eksotis dan seru. Salah satunya Sungai Ciwayang. Yuk, lihat!

Keindahan sungai-sungai di Pangandaran itu bisa dinikmati traveler sambil melakukan aktivitas body rafting. Ada banyak pilihan keindahan alur sungai di Pangandaran yang bisa diarungi oleh wisatawan.

Sebut saja sungai Citumang, Green Canyon alias Cukang Taneuh, sungai Ciwayang, sungai Santirah, sungai Batu Lumpang dan lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas keseruan body rafting di sungai Ciwayang.

Sungai Ciwayang terletak di Dusun Cikoranji, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Berjarak sekitar 26 kilometer saja dari pantai Pangandaran.

Sungai ini merupakan bagian hulu dari sungai Green Canyon. Airnya yang jernih mengalir di antara tebing-tebing yang indah. Mirip di Green Canyon, hanya saja lebar sungai Ciwayang lebih kecil ketimbang Green Canyon.

Body Rafting Sungai Ciwayang di PangandaranSungai Ciwayang di Pangandaran Foto: (dok. Kompepar Ciwayang)

Salah satu pembeda dan yang membuat sungai Ciwayang menjadi unik adalah di sepanjang jalur pengarungan kita akan disuguhi banyak air terjun dan gua. Nama guanya pun unik-unik.

Ada gua Sigay Omon, gua Karang Bayawak, gua Jambe Tiwi dan lainnya. Sementara air terjun yang akan dilewati di antaranya air terjun Rasun, air terjun Gupitan dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu keindahan di sungai Ciwayang Pangandaran juga masih alami. Keindahan bebatuan stalagmit dan stalagnit di tebing dan gua berpadu hijau pepohonan, seakan memanjakan mata traveler.

Body Rafting Sungai Ciwayang di PangandaranMelompat ke Sungai Ciwayang di Pangandaran Foto: (dok. Kompepar Ciwayang)

Bagi para penikmat adrenalin, di sungai Ciwayang juga terdapat wahana yang cukup menantang. Seperti Tarzan Jump, wisatawan bergelantung seperti Tarzan dari tebing dan berakhir membenamkan diri ke air. Ada juga tempat melompat dari atas batu.

Keseruan penjelajahan sungai dengan body rafting itu harus ditebus dengan harga Rp 150 ribu per orang. Tarif itu sudah termasuk fasilitas pemandu, sewa pelampung dan helm, asuransi jiwa dan makan siang.

"Jalur pengarungan body rafting di sungai Ciwayang sepanjang 2,5 kilometer, memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam," kata Manager Marketing Kelompok Penggerak Pariwisata Body Rafting Ciwayang Sunandar, Kamis (25/3/2021).

Dia mengatakan wisata body rafting di sungai Ciwayang Pangandaran mulai dibuka sejak 2015 lalu. Selama itu pula wisatawan berdatangan untuk menjajal sensasi serunya menjelajahi alur sungai Ciwayang.

Bahkan di saat pandemi Corona pun, minat wisatawan tetap tinggi. Walau terjadi penurunan namun angkanya tidak terlalu signifikan.

"Memang ada pengaruh, ada penurunan tingkat kunjungan di tahun 2020. Tapi kami tetap optimistis, bahwa wisata tetap menjadi kebutuhan masyarakat," kata Sunandar.

Sunandar merinci pada tahun 2015 ada 757 rombongan yang datang, tahun 2016 sebanyak 1.121 rombongan, tahun 2017 ada 1.443 rombongan, tahun 2018 sebanyak 2.066 rombongan, tahun 2019 sebanyak 3.232 rombongan dan tahun 2020 sebanyak 2.015 rombongan.

Sesuai dengan imbauan pemerintah pusat, wisata di sungai Ciwayang Pangandaran menurut Sunandar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang mencakup kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan.

"Wisata di tengah pandemi itu sekarang ada istilah CHSE. Cleanliness health safety and environment sustainability. Tentu kami juga memperhatikan hal-hal penting tersebut," tutup Sunandar.



Simak Video "Body Rafting, Olahraga Ekstrim Arus Deras Sungai Citumang Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA