Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Feb 2021 18:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Tempat Wisata Angker, Kabarnya Jadi Tempat Pesugihan!

Alas Purwo Banyuwangi
Alas Purwo Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Ada orang-orang yang mau mencari jalan pintas untuk mendapatkan sesuatu dengan cara yang salah, yaitu pesugihan. Biasanya ritual tersebut dilakukan di tempat-tempat yang dikenal angker.

Tak jarang pula, tempat-tempat angker tersebut dijadikan kawasan wisata. Berikut 8 Tempat wisata yang kabarnya jadi tempat pesugihan:


1. Alas Purwo

Hutan di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo menjadi tempat ideal bagi aneka flora dan fauna. Banyak juga kawasan yang eksotis untuk didatangi wisatawan, seperti goa savana dan pantai.

Namun, di samping keindahannya yang memukau, tempat ini jadi salah satu destinasi wisata paling angker di Pulau Jawa! Tepatnya, Taman Nasional Alas Purwo berada di Jalan Brawijaya, No. 2, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kabarnya, Alas Purwo menjadi tempat untuk kegiatan mistis, seperti pesugihan, semedi untuk mencari wangsit atau ilmu hitam. Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa beberapa orang menghilang di sana.

Alas Purwo BanyuwangiAlas Purwo Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikcom

2. Terowongan Wilhemina

Sudah pernah mendengar Terowongan Wilhemina? Berlokasi di Desa Sumber, Pangandaran, nama tersebut merujuk kepada salah satu terowongan kereta api terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 1.116 meter.

Mulai dari tahun 1982, terowongan tersebut sudah tak lagi digunakan. Namun tempat ini kerap didatangi orang-orang untuk sekedar berfoto atau untuk tujuan tertentu.

Menurut warga lokal sudah beberapa kali orang datang ke terowongan ini untuk bertapa untuk beberapa hari, bahkan berbulan-bulan. Tepatnya mereka melakukan ritual tersebut di dalam lubang yang dulu berfungsi untuk pengecekan rel bagi petugas.

Terowongan Wilhelmina di PangandaranTerowongan Wilhelmina di Pangandaran Foto: Tri Ispranoto/detikTravel

3. Gunung Kawi

Berlokasi di Jawa Timur, Gunung Kawi sering dikunjungi untuk berziarah. Di sini ada makan Eyang Jugo Kyai Zakaria dan Eyang Raden Mas Iman Sujono. Ada pula ritual yang dilakukan setiap 1 dan 12 Suro.

Selain itu, Gunung Kawi juga dikenal sebagai tempat pesugihan dan seserahan tumbal. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin mendapat kesenangan secara instan.

Gunung KawiGunung Kawi Foto: (Getty Images/iStockphoto/Abdullah Ishaq Fathoni)

4. Gunung Lawu

Keindahan alam nampak di kawasan Gunung Lawu. Mulai dari bunga Edelweis hingga cantiknya matahari yang terbenam di atas awan.

Namun, gunung yang berlokasi di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa timur ini terkenal dengan cerita mistisnya. Kabarnya, gunung ini dijadikan sebagai tempat persembahan atau pesugihan.

Kisah mistis lainnya yang dikenal di Gunung Lawu yaitu Pasar Setan. Tak terlihat secara kasat mata, namun suara keramaian layaknya di pasar sering didengar oleh para pendaki. Lokasinya berada di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak Gunung Lawu.

GUNUNG LAWUGUNUNG LAWU Foto: DETIKTRAVEL

Wisata

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA