Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jan 2021 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Masa Berlaku Swab Rapid Antigen Terbaru untuk Penerbangan

Tim detikcom
detikTravel
Rapid Test Antigen di Bandara Soetta
Foto: Rapid Test Antigen di Bandara Soetta (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)/Masa Berlaku Swab Rapid Antigen Terbaru untuk Penerbangan
Jakarta -

Angka penyebaran COVID 19 di Indonesia masih tinggi. Karena itu diatur lagi tentang swab rapid antigen terbaru misalnya untuk penerbangan pesawat terbang.

Hal itu tertuang dalam SE Satgas No 1 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Masa Pandemi. Peraturan itu berlaku pada 9 Januari-25 Januari 2021.

Dalam SE Satgas tersebut disebutkan swab rapid antigen terbaru untuk penerbangan pesawat terbang:

1. Untuk perjalanan ke Pulau Bali, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

2. Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antar-Provinsi/Kab/Kota), pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

3. Untuk perjalanan ke daerah lainnya, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sedangkan untuk yang ke Bali menggunakan moda transportasi darat atau laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kab/Kota), pengguna moda transportasi laut dan kereta api antarkota wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara untuk perjalanan ke daerah lainnya, pengguna moda transportasi laut, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatannya.

Masa berlaku swab rapid antigen terbaru untuk penerbangan pesawat terbang harus dipatuhi. Jika tidak, kamu akan dilarang terbang.



Simak Video "Alasan Kemenkes Belum Keluarkan Izin Swab Antigen Mandiri di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA