Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Mar 2021 16:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 4 Destinasi Asyik Buat Gowes di Mandalika

sandiaga di Mandalika
Mandalika (Masaul/detikcom)
Lombok Tengah -

Kawasan Mandalika di Lombok Tengah memang disiapkan untuk sport tourism. Buat kamu yang suka gowes, ini empat destinasi yang bisa dikunjungi di sana.

Akhir pekan ini tengah digelar event Hidup Sehat #DiIndonesiaAja #BarengCitilink Series Mandalika di Lombok, dari 26-28 Maret 2021. Diketahui, event ini menjadi yang perdana dari rangkaian acara di 5 destinasi super prioritas yang didukung langsung oleh Kemenkomarves.



Didukung juga oleh tiket.com dan Kemenparekraf, event ini akan mengajak peserta untuk bersepeda menyusuri destinasi prioritas Mandalika sepanjang 57 Km.

Sebelumnya, hari Jumat pagi ini (26/3/2021) detikTravel beserta seluruh peserta yang terdiri kurang lebih 100 orang telah lebih dulu menjalani tes Rapid Antigen di Bandara Soekarno Hatta, Terminal 3 sebelum bertolak ke Lombok.

Dimulai besok Sabtu (27/3), setidaknya ada empat destinasi yang akan dikunjungi oleh rombongan pesepeda di kawasan Mandalika. Dimulai dari Novotel Resort sebagai titik awal.

Berikut rute bersepeda di Mandalika:

1. Sasak Village Ende

Desa Sasak Sade di Lombok tengahDesa Sasak di Lombok Tengah (Syanti Mustika/detikcom)

Seperti Desa Sasak Sade yang lebih dulu populer, Desa Sasak Ende juga menghadirkan pesona dari Suku Sasak yang merupakan masyarakat asli Pulau Lombok, NTB.

Di Desa Sasak Ende, traveler bisa menjumpai rumah tradisional Suku Sasak yang beratapkan alang-alang. Selain bisa mengenal budaya dan berfoto, wisatawan juga bisa membeli sejumlah suvenir sebagai cindera mata.

2. Desa Kateng

Tak jauh dari Desa Sasak Ende, traveler juga bisa gowes ke Desa Kateng. Seperti diketahui, destinasi yang dipersiapkan sebagai desa wisata ini juga ramai dengan masyarakat Suku Sasak.

Hanya apabila Desa Sasak Ende dan Sade menonjolkan budaya, Desa Kateng lebih menghadirkan wisata kuliner bertema sarang walet. Diketahui, Desa Kateng lebih dikenal sebagai pusatnya sarang walet.

Selain sarang burung walet, Desa Kateng juga dikenal akan usaha agrowisata seperti pertanian dan lainnya.

3. Laut Biru Restaurant

Satu lagi pantai yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok, yaitu Pantai Selong Belanak yang punya beragam 'harta karun' bagi para wisatawan.Satu lagi pantai yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok, yaitu Pantai Selong Belanak yang punya beragam 'harta karun' bagi para wisatawan. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Berlokasi di Pantai Selong Belanak, Laut Biru Restaurant juga bisa jadi destinasi rehat bagi para pecinta gowes. Lokasinya yang berada di tepi pantai serta menu makanan yang nikmat, menjadi alasan untuk mengunjunginya.

Sambil menikmati suasana pantai yang syahdu, traveler akan dimanjakan oleh panorama indah serta hidangan yang nikmat. Sungguh syahdu!

4. Pantai Mawun

Pantai Mawun di LombokPantai Mawun di Lombok (istimewa)

Terakhir ada Pantai Mawun yang tentunya tak kalah indah dengan Pantai Selong Belanak. Sebagai pantai yang berlokasi di Teluk, Pantai Mawun memiliki suasana yang tenang dan minim ombak.

Hal itu didukung oleh pasir putih yang menyertai pantai dengan bentuk tapal kuda tersebut. Panorama kedua bukit yang mengapitnya juga membuat Pantai Mawun semakin wajib untuk dikunjungi.

Rencananya, peserta dijadwalkan untuk mulai gowes di Mandalika pada pukul 06:00 hingga pukul 13:00 WITa Sabtu pagi besok.



Simak Video "Bawa Parang ke Preman, Dirut Terminal Bakal Dipanggil Walkot Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA