Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Mar 2021 17:53 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Makan Kenyang Sambil Main Air di Sini Tempatnya

Eko Susanto
detikTravel
Restoran unik Kaliwot di Magelang, Jateng
Kaliwot, restoran unik di Magelang. Traveler bisa makan sembari bermain air. (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Ada satu restoran unik di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di resto ini, pengunjung bisa mencicipi makanan sambil bermain air.

Restoran itu bernama Kaliwot (resto dan tempat bermain pinggir kali). Konsep yang diusung yakni 'madhang keceh & ngadem nang kali' (makan sambil bermain air dan berendam di sungai).

Lokasi ini berada di Dusun Sambak, Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai restoran ini, pengunjung bisa memaksimalkan aplikasi google maps.

Restoran Kaliwot ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Magelang dengan kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan, traveler bisa menikmati pemandangan alam. Bahkan, jika cuaca cerah bisa melihat keindahaan Gunung Sumbing dari kejauhan.

Restoran unik Kaliwot di Magelang, JatengRestoran unik Kaliwot di Magelang, Jateng Foto: Eko Susanto/detikTravel

Sekalipun restoran ini tergolong baru, pengunjung yang datang ramai terlebih saat weekend. Untuk jam operasional mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Nantinya setelah sampai lokasi parkiran, pengunjung harus berjalan melewati jalan setapak. Saat melintas jalan setapak dengan pemandangan nuansa pedesaan.

Tempat ini cocok untuk menggelar acara keluarga. Ada juga penyewaan ATV, kemudian anak-anak bisa keceh atau bermain air.

"Kami mengusung tema outdoor, bernuansa alam dengan piknik madhang keceh (makan sambil bermain air)," kata Slamet Rokhani, salah satu pengelola Kaliwot, saat ditemui detikTravel, Jumat (26/3/2021).

Kaliwot ini, katanya, ada persewaan ATV untuk anak-anak. Kemudian, pengunjung bisa menikmati makanan dengan meja dan kursi berada di sungai.

"Jargonnya madhang sambil keceh (makan sambil bermain air)," ujarnya.

Adapun untuk menu makanan spesial ayam dan ikan baik goreng maupun bakar. Untuk ikan ada nila bakar, nila goreng, kemudian gurami bakar dan goreng. Kemudian, ada satu lagi yang khas yakni minuman badek.

"Untuk menu spesial ayam sama ikan, ada gurami yakni asam manis, bakar; nila asam manis dan bakar; ayam goreng dan bakar," kata dia.

"Minuman khas badek. Jadi, mengusung tema keseharian banyak yang bikin gula disini," tutur Slamet.

Restoran unik Kaliwot di Magelang, JatengRestoran unik Kaliwot di Magelang, Jateng Foto: Eko Susanto/detikTravel

Slamet menyebut pengunjung yang datang cukup ramai setiap harinya. Terlebih jika saat weekend. Kemudian, untuk mempromosikan melalui medsos baik Facebook maupun Instagram.

Salah satu pengunjung, Tantiya, bilang mengetahui keberadaan Kaliwot dari medsos. Untuk sampai di lokasi harus melewati jalan yang berkelok-kelok.

"Lokasinya bagus. Ini berarti masyarakat sudah sadar wisata 'masalah tempat jauh, orang sekarang suka view'. Ya lumayan buat ngadem, buat ngiras (makan di tempat)," tuturnya yang datang bersama 10 orang dari Kota Magelang.

Untuk menu, kata dia, minuman sangat khas untuk lidah orang Jawa. Yang bikin asyik lainnya, harga makanan dan minuman di restoran unik Kaliwot cukup ramah di kantong.

"Minuman khas banget untuk orang Jawa pas di lidah. Harga standar terjangkau," ujarnya.



Simak Video "Fobia, Pemicu Ide Membuat Konsep Restoran Rumah Sakit Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA