Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Apr 2021 08:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Unik Rumah Gadang Minangkabau yang Wajib Diketahui

Rumah Gadang atau Rumah Godang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang. detikfoto/dikhy sasra
Rumah gadang di Minangkabau (Foto: dikhy sasra)
Jakarta -

Rumah Gadang merupakan rumah adat dari suku Minangkabau. Terdapat beberapa keunikan dari rumah gadang yang perlu kamu tahu.

Nama lain dari Rumah Gadang adalah Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang yang diberikan oleh masyarakat setempat. Di daerah Sumatera Barat, Rumah Gadang sangat mudah untuk dijumpai.

Dalam pendirian Rumah Gadang tersebut, tidak semua daerah di Sumatera Barat bisa mendirikan Rumah Gadang. Hanya kawasan yang memiliki status sebagai 'nagari' yang diperbolehkan untuk mendirikan Rumah Gadang.

Pendirian Rumah Gadang ini tak lain dan tak bukan adalah sebagai tempat tinggal bersama, namun dalam pendiriannya Rumah Gadang memiliki ketentuan-ketentuannya yang menjadikan Rumah Gadang ini memiliki keunikannya tersendiri.

Berikut lima keunikan yang terdapat di Rumah Gadang Minangkabau:

1. Jumlah kamar tergantung dengan jumlah perempuan

Dalam mendirikan Rumah Gadang, kamar yang dibuat sesuai dengan jumlah perempuan yang akan tinggal di dalamnya.

Setiap perempuan di dalam suatu kaum yang telah memiliki suami, akan mendapatkan sebuah kamar. Adapun untuk perempuan tua dan anak-anaknya akan mendapatkan kamar yang berada di dekat dapur. Untuk gadis yang masih remaja akan memperoleh kamar bersama di ujung yang lain.

2. Atap dan dinding rumah yang unik

Atap rumah ini terbuat dari ijuk yang melengkung dan runcing ke atas. Bentuk atap seperti ini disebut Gonjong. Inilah alasannya mengapa Rumah Gadang sering disebut dengan Rumah Bagonjong oleh masyarakatnya. Dinding rumahnya terbuat dari potongan anyaman bambu.

3. Tiang rumah yang kokoh

Tiang dari Rumah Gadang berasal dari pohon Juha yang berjumlah empat tiang dengan diameternya 40 cm hingga 60 cm.

Sebelum dijadikan tiang, pohon Juha direndam terlebih dahulu selama bertahun-tahun agar menghasilkan tiang yang kuat dan kokoh. Dalam pembuatan Rumah Gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikat, tetapi menggunakan pasak sebagai penyambungnya.

4. Dekorasi Ukiran

Motif ukiran yang digunakan untuk Rumah Gadang seperti daun, bunga, buah-buahan, dan tumbuhan. Ukiran yang dibuat disesuaikan dengan adat yang berlaku di daerah tersebut. Dengan kata lain, setiap ukirannya memiliki berbagai macam makna yang erat kaitannya dengan adat Minangkabau.

5. Rumah Anti Gempa

Rumah Gadang dibangun menyesuaikan dengan lingkungan alam di Sumatera Barat yang rawan akan gempa. Maka dari itu, rumah ini dibangun menggunakan pohon Juha yang kuat dan kokoh.



Simak Video "Melihat Dari Dekat Rumah Gadang Khas Minangkabau Sumatera Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA