Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Feb 2021 15:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Wisata Padang yang Rancak Bana

Syanti Mustika
detikTravel
masjid
Foto: (Randy/detikTravel)
Padang -

Padang, Sumatera Barat juga punya banyak destinasi yang bisa disinggahi. Mulai dari pantai yang punya batu anak durhaka hingga museum.

Banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi di Sumatera Barat, salah satunya adalah kawasan ibukotanya, Padang. detikcom telah merangkum tempat wisata menarik yang ada di Kota Padang.

1. Pantai Air Manih

Siapa yang tidak kenal kisah Malin Kundang si anak durhaka? Karena tak mengakui ibunya, dia pun dikutuk menjadi batu. Dan batunya ini berada di salah satu pantai di Sumatera Barat, yaitu di Pantai Air Manis yang berada di Kota Padang.

Pantai ini cukup ramai dan menjadi salah satu favorit wisatawan bila liburan ke Padang. Serta juga menjadi salah satu spot untuk warga lokal menghabiskan sore bersama keluarga. Selain karena adanya Batu Malin Kundang, juga karena pemandangan di pantai ini juga cantik.

Pantai Air ManisPantai Air Manis Foto: (Aswir Astaman/d'traveler)


2. Pantai Padang

Pantai Padang menjadi tempat wisata di Sumatera Barat yang harus dikunjungi. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Pemandangan di sini sangat indah dan ombaknya sangat cocok untuk yang hobi berselancar.

[Gambas:Instagram]



3. Pulau Pasumpahan

Banyak pulau cantik yang masuk wilayah administrasi Padang, salah satunya adalah Pulau Pasumpahan. Pulau ini berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan butuh speed boat untuk menyeberang ke sana.

Airnya yang jernih, pulau yang indah dan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai, membuat pulau in menjadi salah satu yang ramai wisatawan. Kamu bisa snorkling, berenang dan bersantai di pantai.

Pulau di SumbarPulau di Sumbar Foto: (endahmarina/d'Traveler)

4. Pantai Nirwana

Banyak wisata pantai yang ditawarkan Kota Padang, salah satunya adalah Pantai Nirwana. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Pantai ini menawarkan bersantai di bawah hamparan pohon kelapa dengan desiran ombak yang lembut. Cocok nih menghabiskan sore di sini.

5. Masjid Raya Sumbar

Dikenal juga sebagai Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Keunikannya masjid ini tak hanya menjadi yang terbesar di Sumatera Barat saja. Namun dapat terlihat dari bagian atas masjid yang menyerupai Rumah Adat Minang dengan ciri bangunan berbentuk gonjong.

Ada pula penggunaan ukiran hingga kaligrafi pada dinding bagian luar. Desain masjid juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad yang menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di kota Mekah.

masjidMasjid Raya Sumbar Foto: (Zulfan Ariansyah/d'Traveler)


6. Jembatan Siti Nurbaya

Tempat wisata di Sumatera Barat berikutnya yakni Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan jembatan besar yang berdiri di atas Sungai Batang Arau. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

Jembatan Siti NurbayaJembatan Siti Nurbaya Foto: (Zulfan Ariansyah/d'Traveler)


7. Bukit Nobita

Jika ingin melihat Kota Padang dari ketinggian, datang saja ke Bukit Nobita yang berada di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung. Konon, disebut Bukit Nobita karena menyerupai bukit yang sering didatangi Nobita dan Doraemon di film kartun Doraemon.

8. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman terletak di pusat Kota Padang. Museum yang namanya merupakan nama seorang Raja Minangkabau di abad ke-15 masehi ini, menyimpan segala jenis informasi mengenai kebudayaan Minang.

Di sini kamu bisa melihat pakaian tradisional, alat-alat musik, replika makanan khas dari segala daerah di Sumbar, peninggalan Raja-raja Minangkabau, aksesoris khas Minang, miniatur Rumah gadang, penjelasan sistem kekerabatan Minang, dan masih banyak lagi.

Museum di PadangaMuseum di Padang Foto: (gedeleo/d'Traveler)

Nah itu dia travelers, 8 wisata padang yang rancak bana!



Simak Video "Usai Ahli Geologi Cek Kuburan yang Disebut Menggelembung Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA