Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Feb 2021 13:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

15 Tempat Wisata Yogyakarta dan Sekitarnya yang Tak Pernah Membosankan

Tim detikcom
detikTravel
Candi Prambanan
Candi Prambanan Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)
Yogyakarta -

Memang daya tarik Yogyakarta tak habis-habisnya. Kamu yang ingin wisata ke Yogyakarta, datang saja ke tempat wisata ini ya.

Berikut tempat wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Yogya dirangkum detikcom Jumat (19/2/2021):

1. SvargaBumi

Ada sebuah objek wisata alam yang sedang hits beberapa bulan terakhir di Yogyakarta, namanya Svargabumi. Obyek wisata ini terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Di sini traveler dapat melihat hijaunya sawah sejauh mata memandang. Serunya lagi, SvargaBumi ini menyediakan lebih dari 20 spot selfie. Selain itu ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

SvargaBumi terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Traveler cukup membayar Rp 25 ribu untuk dapat menikmati wisata ini sepuasnya.

SvargaBumi buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB.

SvargaBumiSvargaBumi Foto: Eko Susanto/detikcom


2. Pantai Watu Lumbung

Tidak hanya instagramable, pantai ini mampu menyediakan kegiatan yang mengasyikkan. Para pengunjung dapat memancing di pantai ini.

Dilengkapi oleh batu karang besar dan berbentuk unik, pengunjung pantai ini dapat mengambil foto di beberapa lokasi. Baik di dekat perairan pantai maupun di batu karang besar yang memiliki bolongan dan memperlihatkan batu-batu karang lainnya.


3. Pinus Pengger

Bantul punya satu hutan pinus yang Instagramable. Namanya Pinus Pengger. Tak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, Pinus Pengger juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable.

Untuk mencapai tempat wisata yang berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta ke Desa Mangunan, Dlingo.

Selain menawarkan pemandangan alam, di sini (Pinus Pengger) ada 7 spot foto dengan beragam bentuk telapak tangan, jempol, jembatan setengah lingkaran.

Hutan Pinus Instagramable di BantulHutan Pinus Instagramable di Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

4. Bunker Kaliadem

Tempat wisata alam Jogja yang terletak di Sleman ini menyuguhkan keindahan alam yang sejuk, dingin serta seru. Di sini kamu bisa melihat langsung view keindahan di bawah Gunung Merapi.

5. Pantai Parangtritis

Pantai ini mempunyai keunikan dengan ombak ombak besar dan adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk pasir. Konon, Pantai Parangkusumo yang berada di dekat Pantai Parangtritis menjadi lokasi pertemuan antara Raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Dipercayai, ada larangan untuk mengenakan baju hijau bagi turis saat mendatangi pantai itu.

Sunset di Pantai Parangtritis.Sunset di Pantai Parangtritis. Foto: (alvinzipo/d'Traveler)

6. Tebing Breksi

Penikmat senja, cocok nih datang ke Tebing Breksi. Dari puncaknya, traveler dapat melihat matahari yang kembali pulang ke peraduan sambil menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Yogyakarta di malam hari. Selain itu, traveler juga dapat berfoto dengan latar batu kapur besar yang di dindingnya diukir tersebut.

Tebing Breksi terletak di Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

7. Hutan Pinus Mangunan

Jika traveler menonton film Tilik, pasti tak asing dengan latar cerita perjalanan yang melewati hutan pinus. Nah, hutan pinus yang cantik itu dapat traveler nikmati di Bantul.

Salah satu hutan pinus yang dapat traveler datangi adalah Hutan Pinus Mangunan. Berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, hutan ini dapat ditempuh dengan 1 jam berkendara dari Kota Yogyakarta.

Di sana traveler dapat bersantai dan berfoto. Traveler juga dapat menikmati wisata outbond serta masuk ke Rumah Hobbit.

8. The Lost World Castle

Di sekitar Gunung Merapi terdapat objek wisata kekinian yaitu The Lost World Castle. Sama seperti namanya, traveler akan disuguhi pemandangan berbagai jenis benteng, mulai dari Benteng Takeshi hingga Tembok Besar China.

Selain itu, traveler juga akan merasakan sensasi berada di luar negeri karena di sana terdapat kebun bunga sakura khas Jepang. Kemudian traveler juga dapat menemukan rumah suku Indian serta berbagai kapal ikonik.

Objek wisata ini terletak di Jalan Patung Merapi, Desa Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. The Lost World Castle buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 30 ribu.

The Lost World Castle, kastel milik Ayung di lereng MerapiThe Lost World Castle, kastel milik Ayung di lereng Merapi Foto: The Lost World Castle, kastel milik Ayung di lereng Merapi (Sukma IP/detikcom)


9. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta dibangun oleh sultan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti tahun 1755 yang sebelumnya terjadi perpecahan di antara keluarga dalam keraton sendiri yang berakhir dengan pecahnya Mataram menjadi 2 bagian. Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Dulunyam, pendirian Taman Sari dimaksudkan untuk menentramkan hati, istirahat, dan berekreasi sultan dan keluarganya. Selain itu Taman Sari juga dipersiapkan sebagai sarana untuk benteng pertahanan dalam menghadapi musuh kerajaan.

Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta Foto: Pradikta Kusuma/d'traveler

Arsitek dari bangunan berasal dari Portugis sehingga corak dari bangunan Taman Sari ini bergaya seni arsitektur Eropa akan tetapi simbol Jawa yang ditonjolkan di sini nampak lebih dominan.

Berkeliling Taman Sari, kita akan menemukan banyak spot foto lho.

10. Jalan Malioboro

Tak afdal ke Yogyakarta bila tak memutari Malioboro. Kamu bisa berbelanja aneka baju batik atau sekedar jalan-jalan santai juga bisa.

Apalagi, sekarang kendaraan tak bisa lagi melintas di kawasan Malioboro, jadi kamu bisa dengan santai berjalan di kawasan ini tanpa khawatir kendaraan melintas.

Sempat Ditutup Terpal, Plang Jalan Malioboro Dibuka Kembali Plang Jalan Malioboro Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

11. Candi Prambanan

Banyak candi yang bisa dikunjungi di Yogyakarta, salah satunya adalah Candi Prambanan. Candi ini memang indah dan juga megah serta sebagai salah satu bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.

Untuk masuk ke kawasan Candi Prambanan, traveler dewasa harus merogoh Rp 50 ribu, sedangkan anak-anak cukup Rp 25 ribu.

Candi PrambananCandi Prambanan Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)

12. Gumuk Pasir

Destinasi anti mainstream ini bernama gumuk pasir. Di sini kamu bisa melakukan surfing di atas pasir. Seru, kan? Kamu juga bisa berfoto ala padang pasir yang ada di Dubai sambil menikmati sandboarding.

Gumuk Pasir itu berada di Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Transportasi umum untuk menuju gumuk pasir Pantai Parangkusumo bisa menggunakan bus jurusan Jogja - Parangtritis. Untuk masuk kawasan ini, traveler dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu.

13. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja berada di tepi jalan yang menghubungkan Yogyakarta dengan Wonosari tepatnya di km 15, di bukit Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Bukit ini aslinya bernama bukit Hargo Dumilah.

14. Tirta Budi atau Blue Lagoon

Tempat wisata alam Yogyakarta berikutnya adalah Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Disebut Blue Lagoon karena airnya biru dan bening layaknya oase di padang pasir.

Pemandian ini berupa kolam yang tidak begitu besar, ada pancuran kecil di tengahnya mengalir air dari batang bambu. Dulunya, pemandian ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari, namun karena keindahan dari tempat ini akhirnya banyak orang yang berminat untuk berkunjung dan ikut mandi di sana.

Walau ukuran kolam di Blue Lagoon tidak besar, ada keunikan disini, yaitu adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Jika tubuh kita masuk dalam kolam ini, bersiaplah pasukan ikan-ikan kecil tersebut menghampiri.

15. Jurang Tembelan Kanigoro

Di kawasan Mangunan di Dlingo, Bantul, Anda bisa menyambangi tempat wisata lainnya yang punya banyak selfie spot. Jurang Tembelan Kanigoro, begitu namanya, berlokasi di dekat Kebun Buah Mangunan dan memiliki panorama lembah hijau.

Pihak pengelola telah membangun anjungan pandang (sekaligus selfie spot) berupa perahu yang menjorok ke jurang. Panorama matahari terbit di sini tak ada duanya!

Nah itu dia 15 tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya.



Simak Video "Taman Wisata Candi Borobudur Bersiap Dibuka untuk Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA