Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 20:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Spot Sunrise Terbaik di Yogyakarta dan Sekitarnya

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berencana sambut turis lagi mulai 8 Juni. Nantinya, wisatawan harus melalui cek suhu badan dan diberi penanda stiker.
Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
Jakarta -

Daerah Istimewa Yogyakarta dianugerahi kontur alam yang sangat kaya, mulai dari pantai hingga pegunungan. Oleh karena itu, untuk melihat matahari terbit di pagi hari, Yogyakarta menyuguhkan banyak spot yang sangat pantas untuk Anda datangi.

Tak perlu bingung mau menginap di mana. Coba cek 7 hotel di Jogja untuk liburan keluarga.

Selain liburan untuk keluarga, beberapa spot untuk melihat matahari terbit ini juga cocok didatangi bersama teman dan kerabat. Berikut daftarnya:

1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan yang berlokasi di Jalan Imogiri - Dlingo, Bantul, memiliki panorama perbukitan dan lembah hijau dengan sungai yang berkelok di tengahnya.

Kebun Buah Mangunan sangat populer di kalangan wisatawan karena punya banyak selfie spot serta gardu pandang untuk melihat panorama dari ketinggian.

Untuk melihat panorama matahari terbit, datanglah dini hari sebelum matahari muncul dari ufuk timur. Panoramanya sudah indah dengan gumpalan kabut putih, layaknya negeri di atas awan.

Objek wisata di Bantul, Yogyakarta.Kebun buah Mangunan, Objek wisata di Bantul, Yogyakarta. Foto: (firdanauditore911/d'Traveler)

2. Candi Borobudur

Bukan rahasia lagi, Candi Borobudur yang ada di Magelang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat panorama matahari terbit. Anda bisa mengikuti sunrise tour yang dimulai dari lobi Manohara Hotel pukul 04.30 WIB.

Candi Borobudur di pagi hariCandi Borobudur di pagi hari Foto: dok. Hotel Manohara

Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki puncak Candi Borobudur utnuk melihat panorama matahari terbit yang muncul di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Benar-benar pengalaman sekali dalam seumur hidup yang wajib dicoba!

3. Jurang Tembelan Kanigoro

Kembali ke kawasan Mangunan di Dlingo, Bantul, Anda bisa menyambangi tempat wisata lainnya yang punya banyak selfie spot. Jurang Tembelan Kanigoro, begitu namanya, berlokasi di dekat Kebun Buah Mangunan dan memiliki panorama lembah hijau.

Pihak pengelola telah membangun anjungan pandang (sekaligus selfie spot) berupa perahu yang menjorok ke jurang. Panorama matahari terbit di sini tak ada duanya!

Wisata Jurang Tembelan yang InstagramableWisata Jurang Tembelan yang Instagramable Foto: Sri Wahyuni/d'traveler

4. Puncak Suroloyo

Tempat melihat matahari terbit satu ini berlokasi di Pegunungan Menoreh, dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dari Kota Jogja. Untuk naik ke sini, Anda perlu meniti 286 anak tangga.

Puncak SuroloyoPuncak Suroloyo Foto: (Yusran Firmansyah Effendi/d'traveler)

Tak perlu khawatir, karena warga lokal telah menyediakan beberapa gazebo untuk Anda beristirahat di tengah perjalanan. Namun rasa lelah akan terbayar begitu tiba di puncak, karena matahari terbit berlatar empat gunung sekaligus yaitu Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi!

5. Enam Langit by Plataran

Jika ingin melihat panorama matahari terbit sambil menikmati sarapan, datanglah ke Enam Langit yang merupakan restoran milik Plataran Borobudur Resort & Spa. Di sini, Anda bisa memesan paket Sunrise Alfresco meski tidak menginap.

Untuk memesan paket ini, harga minimalnya adalah Rp 200 ribu per orang. Anda wajib melakukan reservasi sebelum datang. Petugas restoran akan menyiapkan area piknik dengan panorama hamparan kabut dan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Seperti bersantap di negeri di atas awan!

5. Enam Langit by PlataranEnam Langit by Plataran Foto: Enam Langit by Plataran

Nah itu dia rekomendasi 5 tempat sunrise terbaik di Yogyakarta.



Simak Video "Warga Yogyakarta Sulap Selokan Bau Jadi Detinasi Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA