Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Apr 2021 18:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Hasil Karya Anak Berkebutuhan Khusus di Hotel Trans Bandung

Siti Fatimah
detikTravel
The Trans Luxury Hotel baru-baru ini memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang digelar di Bandung. Hasil kerajinan dipamerkan dan terlihat sangat keren.
Pameran karya Anak Berkebutuhan Khusus. Foto: Siti Fatimah
Bandung -

Memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia, The Trans Luxury Hotel Bandung menampilkan pameran karya Anak Berkebutuhan Khusus hingga 16 April 2021 mendatang.

Ragam hasil karya tersebut diantaranya lukisan, masker dewasa, masker anak, pouch tisu, sajadah travel dengan corak pemandangan alam atau abstrak, tas belanja jaring, card holder, scarf, kemeja, dan lain-lain. Tak hanya dipamerkan, hasil karya itu pun dijual dengan harga yang murah meriah.

Misalnya saja seperti masker dijual seharga Rp 25 ribu, card holder Rp 59 ribu, pouch tissue Rp 40 ribu, sejarah travel Rp 175 ribu, sajadah wajah Rp 50 ribu, tas belanja jaring Rp 130 ribu dan masih banyak lagi barang dengan harga yang menarik.

"The Trans Luxury Hotel ikut serta dalam hal ini untuk meningkatkan kepedulian (terhadap disabilitas) karena komunitasnya ada di Bandung. Tamu kami juga banyak yang memiliki anak dengan keunikan dan kami melakukan pelatihan terhadap karyawan soal ini," ujar General Manager The Trans Luxury Hotel Farid A. Patria saat ditemui detikcom beberapa hari yang lalu.

The Trans Luxury Hotel baru-baru ini memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang digelar di Bandung. Hasil kerajinan dipamerkan dan terlihat sangat keren.The Trans Luxury Hotel baru-baru ini memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang digelar di Bandung. Hasil kerajinan dipamerkan dan terlihat sangat keren. Foto: Siti Fatimah

Benar saja, di Bandung ada banyak sekali komunitas yang concern pada kepedulian anak autisme. Seperti salah satunya yang dihadirkan dalam helatan kali ini Creative Business of Difable Community (CidCo) dan seorang konselor dan psikoterapi pendidikan di Art Therapy Center (ATC) Widyatama sekaligus founder komunitas Rumah Stimulasi.

CidCo ini merupakan inkubator bisnis dari komunitas yang didirikan oleh Dr Anne Nurfarina, bersama para orang tua alumni Art Therapy Center (ATC) Widyatama. Di dalamnya, para lulusan ATC yang notabenenya memiliki 'keunikan' akan terus diasah kreativitasnya hingga dapat membangun pemahaman finansial bagi para seniman berbakat serta exposure akan hasil karya mereka kepada publik.

Para lulusan (ATC) Widyatama yang merupakan penyandang disabilitas ini membuktikan mampu untuk terus berkarya dan produktif membuat berbagai karya seni seperti kriya, elemen estetis, merchandise, dan desain grafis.

Rangkaian helatan Autism Awareness Month di The Trans Luxury Hotel diawali dengan ngobrol sore bersama Konselor & Psikoterapi Pendidikan di ATC Widyatama Dr. Yulianti dan dilanjutkan dengan berbincang Puspatriani Agustina dari CidCo Bandung, juga Rangga Putra Djajadipura seorang Desainer Grafis Difabel.

Yulianti mengatakan, ia memiliki anak istimewa. Tanda-tanda itu dia dapati saat anaknya berumur enam tahun. Tak tinggal diam, Yulianti pun melakukan penanganan dengan melibatkan psikiater dan jaringan komunitas.

Hingga akhirnya Yulianti bergabung dengan ATC Widyatama sebagai konselor dan psikoterapi pendidikan. Dia mengatakan, dalam tahapan terapi, kedua peran antara orang tua dan anak sama-sama penting.

"Kita berkolaborasi dengan keluarga. Orang tua wajib belajar dan punya daya juang. Anak sedang berjuang karena secara fitrah diberikan keistimewaan. Penerimaan keluarga itu penting, jadi tidak hanya program untuk anak sesuai perkembangannya, tapi keluarganya dulu," tambah Yulianti.

The Trans Luxury Hotel baru-baru ini memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang digelar di Bandung. Hasil kerajinan dipamerkan dan terlihat sangat keren.The Trans Luxury Hotel baru-baru ini memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia yang digelar di Bandung. Hasil kerajinan dipamerkan dan terlihat sangat keren. Foto: Siti Fatimah

Bersamaan dengan bulan suci Ramadhan, The Trans Luxury Hotel juga akan berbagi keceriaan bersama murid-murid dan para pengajar dari Rumah Hasanah. Selain dengan berbuka puasa bersama pada 20 April 2021, pihaknya juga akan berkunjung ke Rumah Hasanah yang terletak di Jalan Cibeunying Kolot V no.18 untuk melakukan makeover.

Sekedar diketahui, Rumah Hasanah yang berdiri di bawah naungan Yayasan Sosial Hasanah Mekar Rahmah ini memberikan sekolah khusus dan terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus dari keluarga tidak mampu.

Yuk ikut berpartisipasi dengan program Autism Awareness Month dengan mengikuti program talkshow ataupun membeli berbagai karya dan merchandise yang dipamerkan. Jangan lupa juga untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif, penuh dengan sukacita dan kebahagiaan.



Simak Video "Kisah Polisi di Jambi Rela Jadi Pengajar Anak Berkebutuhan Khusus"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA