Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 11:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dari Bioskop Sampai VR, Aneka Spot Kekinian di Gedung Juang 45 Tambun Bekasi

Gedung Juang 45 Tambun yang telah jadi Museum Bekasi pasca direvitalisasi.
Ruang Immersion di Gedung Juang 45 Tambun (Agung Pambudhy/detikTravel)
Kabupaten Bekasi -

Usai bertransformasi menjadi Museum Bekasi, Gedung Juang 45 Tambun mulai meninggalkan citra lamanya. Makin digital, spot kekinian makin banyak.

Usai direvitalisasi pada akhir Desember 2020, kini Gedung Juang 45 Tambun telah dibuka kembali untuk publik dengan format baru Museum Bekasi. tapi perubahan itu tidak mengubah banyak fisik bangunan yang telah ada sejak abad ke-19 itu.

Saat dikunjungi detikTravel pada hari Rabu siang (14/4/2021), museum tampak begitu lengang. Momen bulan puasa agaknya sedikit banyak berpengaruh pada kunjungan wisatawan siang itu.

Hanya ketika melangkahkan kaki ke dalam museum, pengunjung langsung disambut dengan pintu otomatis yang bergerak lewat sensor. Nuansa modern kian dipertegas dengan pengisian data diri yang dilakukan secara touchscreen di layar.

Adapun, museum terdiri dari sejumlah ruangan yang dibagi ke dalam dua lantai.

Dihimpun detikTravel, berikut ruangan yang ada di museum tersebut:

1. Hall of Fame

Warga mengunjungi Museum Bekasi di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021).Ruang pertama di museum (Agung Pambudhy/detikTravel)

Tepat di ruangan pertama, traveler bisa melihat ruang hall of fame yang menampilkan potret Bupati Bekasi dari masa ke masa. Mulai dari foto beserta biodata dan patung kecil diorama, dapat dilihat di ruangan tersebut.

Untuk informasi, revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun dilakukan oleh Bupati Bekasi kini yang bernama Eka Supria Atmaja. Proses revitalisasi memakan waktu kurang lebih satu tahun.

2. Ruang Prasejarah Bekasi

Gedung Juang 45 Tambun usai direvitalisasi.Ruangan ini menampilkan Bekasi di era prasejarah (Agung Pambudhy/detikTravel)

Sesuai namanya, ruangan yang satu ini menampilkan berbagai peninggalan prasejarah yang ditemukan di Kabupaten Bekasi. Beberapa yang cukup populer adalah Prasasti Tugu dan lainnya yang ditemukan di kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi.

3. Hall Kerajaan Tarumanagara

Dari masa prasejarah, perjalanan beranjut ke Kerajaan Tarumanagara. Di ruang ini, traveler bisa belajar banyak soal asal muasal nama Bekasi dewasa ini.

Konon, dahulu Bekasi dikenal sebagai Chandrabhaga yang berarti bagian dari bulan. Kemudian namanya bertransformasi menjadi Sashi Bhaga, kemudian Bhagasasih.

Di masa Kerajaan Tarumanagara, Kabupaten Bekasi disebut sebagai sebagai salah satu pusat kerajaan. Dimana hal itu tertulis dalam Prasasti Tugu yang dapat ditemui replikanya di museum ini.

Selanjutnya: Ruang bioskop sampai 3D di Museum Bekasi

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA