Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Apr 2021 19:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Lokasi Hits Untuk Ngabuburit di Pangandaran

Faizal Amiruddin
detikTravel
Empat Lokasi Hits Untuk Ngabuburit di Pangandaran
Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)
Jakarta -

Bagi masyarakat pesisir Pangandaran tentu tak akan sulit mencari tempat indah dan nyaman untuk lokasi ngabuburit. Kawasan pantai adalah tempat yang tepat.

Sambil menikmati keindahan laut, kita bisa melihat detik-detik matahari tergelincir di ufuk barat yang disambut dengan suara adzan magrib. Namun demikian, selain ngabuburit di pantai, di Pangandaran pun ada sejumlah ruang publik atau spot yang biasanya ramai oleh aktivitas jual beli takjil dan jajanan. Berikut adalah beberapa pilihan lokasi ngabuburit di Pangandaran.

1. Pantai Barat Pangandaran


Ramadhan tahun ini pantai barat Pangandaran masih menjadi lokasi favorit warga untuk ngabuburit. Sepanjang pantai ini memang menghadap ke barat, sehingga warga bisa menunggu datangnya waktu magrib tanpa harus melihat jam, namun cukup melihat posisi matahari yang terbenam di ufuk barat.

Jika matahari, sudah tenggelam adzan magrib pasti berkumandang. Menyaksikan detik-detik matahari tenggelam memberikan kepuasan tersendiri. Namun bagi anda yang tak terbiasa berada di tepi pantai, jangan lupa memakai jaket. Karena perut yang kosong akan terasa menyiksa ketika harus diterpa hembusan angin laut.

2. Pantai Timur Pangandaran

Ngabuburit di pantai timur Pangandaran memang bukan untuk menikmati suasana matahari tenggelam, karena pantainya menghadap timur. Ngabuburit di pantai timur adalah lokasi favorit bagi mereka pemburu takjil dan jajanan. Karena di sekitar pertigaan kantor Satuan Polisi Perairan Pangandaran terdapat sejumlah pedagang makanan yang yang menawarkan berbagai jajanan.


Selain itu, di pantai timur pun kita bisa membeli hasil laut segar yang dijajakan bakul ikan. Cumi, udang, kakap, kerapu dan lainnya dijual dengan harga cukup bersahabat. Karena pedagang mafhum, pembelinya kali ini mayoritas warga pribumi, bukan wisatawan.

3. Alun-alun Paamprokan

Ini adalah lokasi ngabuburit baru yang dibangun oleh Pemprov Jawa Barat. Lokasinya di Jalan Pamugaran, dari pantai barat Pangandaran lurus terus ke arah barat.

Selain banyak fasilitas tempat duduk dan suasana taman yang nyaman, di alun-alun ini terdapat playground yang bisa membuat anak-anak betah berlama-lama. Tapi sayang, pembangunan menara pandang yang sedianya menjadi ikon alun-alun ini, belum selesai dibangun.

Dari alun-alun Paamprokan, rute ngabuburit bisa dilanjutkan ke spot yang cukup menarik yaitu jembatan Cikembulan. Di kawasan ini kita bisa melihat sunset dari spot yang lebih baik. Karena lokasi jembatan posisinya lebih tinggi dari laut.

Empat Lokasi Hits Untuk Ngabuburit di PangandaranEmpat Lokasi Hits Untuk Ngabuburit di Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

4. Taman Pesona

Taman Pesona berada di luar kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Lokasinya berada di dekat terminal dan pasar Pangandaran.

Taman Pesona merupakan ruang publik yang setiap sore ramai pedagang kuliner. Tak hanya takjil atau jajanan, di pusat kuliner ini terdapat pula makanan berat untuk menu utama berbuka puasa.

Pusat kuliner ini bahkan tetap buka hingga waktu sahur tiba. Selain itu ada pula arena untuk memanjakan anak-anak, seperti penyewaan otopet, mobil-mobilan dan arena ketangkasan anak-anak lainnya.



Simak Video "Biasa Dipadati Wisatawan, Pantai Pangandaran Kini Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA