Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 18:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Tahu? Ini Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Desa Ungasan Bali

Badung, Bali -

Tersembunyi di Desa Ungasan Bali, panorama Pantai Melasti begitu cantik. Airnya jernih dan tebing kapurnya begitu instagramable.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Pantai Melasti berdekatan dengan pantai tebing di Pura Luhur Uluwatu. Tapi bedanya, di Melasti traveler bisa berjemur di pasir putihnya pada bagian ujung.

Pantai MelastiPantai Melasti Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Berlokasi di bagian ujung selatan Pulau Dewata, tepatnya di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, fasilitas Pantai Melasti terbilang apik. Ada toilet yang bersih dan dijaga, serta ada tempat bilas air tawar di ujung pantai dekat lapak para penjual makanan. Karena lokasinya yang ada di ujung selatan pulau Bali, warna airnya terbilang jernih dan berombak besar.

Hamparan pasir putihnya membentang panjang. Pada bagian belakang, terlihat tebing-tebing tinggi yang menjulang hingga 100 meter. Sedangkan di kiri dan kanan, perbukitan hijau seolah menjaga pantai.

Nama Melasti sendiri berawal dari aktivitas umat Hindu yang kerap melakukan upacara Melasti di sini. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).

Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara dilaksanakan di pinggir pantai, tujuannya yaitu menyucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke lautan.

Tiket masuk untuk Dewasa ke Pantai Melasti adalah Rp 8.000 sedangkan untuk anak-anak adalah Rp 2.000. Sementara biaya parkir, untuk sepeda motor dikenakan Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus atau truk Rp 10.000.

Nah, karena kawasannya yang instagramable, Pantai Melasti juga kerap dijadikan lokasi prewedding dan sejenisnya. Untuk biaya prewedding biasa adalah Rp 500 ribu dan Pre wedding plus Rp 1 juta.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA