Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Mei 2021 22:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lihat Lagi Honai, Rumah Adat Papua yang Khas dan Unik

Keberadaan rumah adat khas Papua tepatnya di Puncak Jaya terus dilestarikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga budaya masyarakat setempat.
Foto: Lamhot Aritonang
Wamena -

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Papua juga punya rumah adat yang jadi kebanggaan budaya setempat. Yuk, kita kenal rumah adat Papua yang unik ini.

Apabila mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau Bumi Papua langsung, mungkin traveler pernah melihat sebuah rumah dengan atap jerami yang cukup sederhana.

Jika ya, mungkin itu adalah rumah honai yang merupakan rumah adat Papua. Dihimpun detikTravel, Senin (31/5/2021), yuk kita kenal rumah adat Papua itu.

Rumah adat Papua, yakni Rumah Honai dibentuk seperti kerucut dan tanpa jendela. Hal ini untuk menghindari udara malam yang dingin di puncak pegunungan.

Keberadaan rumah adat khas Papua tepatnya di Puncak Jaya terus dilestarikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga budaya masyarakat setempat.Keberadaan rumah adat khas Papua tepatnya di Puncak Jaya terus dilestarikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga budaya masyarakat setempat. Foto: Lamhot Aritonang

Struktur bangunan Rumah Honai terdiri dari dua lantai dan terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang.

Lantai pertama biasanya terdiri dari kamar-kamar dan digunakan sebagai tempat tidur. Lantai kedua digunakan sebagai tempat beraktivitas. Honai dibangun sempit atau kecil dan tidak berjendela. Hal ini untuk menahan hawa dingin pegunungan Papua.

Untuk menghubungkan lantai pertama dan kedua, rumah Honai menggunakan tangga kayu. Walau terlihat kecil, rumah Honai sebetulnya dapat diisi hingga 5 sampai 10 orang. Hal ini dimaksudkan agar rumah Honai tetap hangat.

Bagi suku Papua pribadi, rumah honai merupakan rumah adat yang berperan penting dalam sistem dan tata adat. Sebuah rumah honai biasanya berada di dalam satu komplek yang tidak terlalu besar dan dibatasi oleh oleh pagar kayu.

Dalam satu komplek rumah adat umumnya dapat ditemui rumah honai laki-laki, honai perempuan yang disebut Ebei, serta kandang babi yang dikenal dengan sebutan Wamai. Selain itu juga terdapat honai yang dibuat memanjang dan berfungsi sebagai dapur.

Itulah penjelasan tentang rumah adat Papua. Semoga bisa menambah informasi traveler tentang Papua dan budayanya.



Simak Video "Warga Papua Curhat ke Fraksi PAN DPR soal Revisi UU Otsus"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA