Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jun 2021 19:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Memaknai Lambang Negara Lewat Rumah Garuda di Bantul

Rumah Garuda di Bantul
Rumah Garuda di Bantul (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Misi Rumah Garuda

Menyoal tujuan utama mendirikan rumah Garuda, Nanang menyebut untuk menguak sejarah lambang negara yang tidak pernah dikupas secara tuntas. Bahkan, dalam mata pelajaran sejarah jarang yang membahas bagaimana munculnya lambang tersebut.

"Jadi selain sejarah tadi, ada anomali sejarah ketika Bung Karno melantangkan istilah jas merah (jangan sekali-kali meninggalkan sejarah)," katanya.

"Tapi uniknya di era orde lama, baru dan reformasi sejarah lahirnya lambang negara tidak pernah dikupas tuntas dan masuk pada pelajaran sejarah. Nah ini yang utamanya ingin saya sampaikan di rumah Garuda ini," dia menambahkan.

Nantinya, setelah mereka paham sejarahnya baru bisa memaknai apa yang terkandung di simbol itu. Kemudian dia berharap pengunjung yang datang ke sini bisa memposisikan dirinya menjadi Garuda.

"Jadi menurut saya Garuda itu utama, kemudian baru ketika kita sudah menjadi Garuda, kita baru sanggup memakai kalung yang dibebani perisai Pancasila," katanya.

Secara rinci, dia menganalogikan ya dengan komputer di mana Garuda adalah hardwarenya. Menurutnya hardware harus tangguh dan kuat agar bisa diinstall software yang istimewa dal hal ini Pancasila.

Rumah Garuda di BantulRumah Garuda di Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Kalau keduanya sudah compactible baru dia bisa mengoperasikan menjaga kedaulatan NKRI dalam bentuk Bhineka Tunggal Ika," ucapnya.

"Jadi intinya 2 hal, mengenal sejarah penciptaan lambang negara dan yang kedua kita tercharger menjadi Garuda. Baru bisa menjalankan Pancasila dalam kewajiban dal menjaga kedaulatan NKRI," lanjut Nanang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA